Tahun 2023, Walikota Ibnu Sina Janjikan Relawan Damkar Diasuransikan BPJS Ketenagakerjaan

0

RISIKO tinggi dan dalam tekanan kerja butuh waktu segera, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina memastikan tahun 2023, anggota relawan pemadam kebakaran (damkar) akan segera diasuransikan.

PENEGASAN ini dilontarkan Walikota Ibnu Sina saat mengukuhkan relawan damkar se-Kota Banjarmasin di halaman Balai Kota, Jalan RE Martadinata, Banjarmasin, Sabtu (5/11/2022).

Pengukuhan 200 anggota yang mewakili 4.500 relawan damkar dikukuhkan Walikota Ibnu Sina didampingi Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, Kepala DPKP Kota Banjarmasin, Budi Setiawan dan Kasatpol PP Kota Banjarmasin, Ahmad Muzaiyin.

“Sebelumnya, seluruh barisan pemadam kebakaran (BPK) dan pemadam kebakaran (PMK) sudah diminta mendaftarkan diri melalui e-damkar Pemkot Banjarmasin,” ucap Ibnu Sina.

BACA : Meriahkan Hari Jadi, Pemkot Banjarmasin Gelar Lomba Ketangkasan Damkar

Lewat aplikasi itu, Ibnu Sina mengatakan bisa memastikan seluruh anggota maupun relawan damkar bisa diedukasi dibina dan ditingkatkan kemampuannya baik dari pelatihan-pelatihan, bimbinang teknis (bimtek) termasuk juga lomba ketangkasan.

“Insya Allah, tahun depan (2023), kami sudah mengalokasikan anggaran untuk asuransi BPJS Ketenagakerjaan untuk 4.200 relawan yang terakomodir. Jumlah ini sesuai dengan yang mereka daftarkan,” paparnya.

BACA JUGA : Kapolresta Banjarmasin Tegaskan Pentingnya Pembinaan Intensif Untuk Unit Damkar BPK/PMK

Dia berharap para relawan damkar yang telah dikukuhkan bisa menjalankan tugas dan prosedur yang berlaku. Mantan anggota DPRD Kalsel ini mengungkapkan beberapa waktu lalu telah dilaksanakan pelatihan untuk sopir-sopir damkar.

“Mereka juga mendapat SIM khusus untuk menjadi sopir mobil damkar. Ada 100 orang yang sudah mengikuti. Insya Allah, nanti akan dilanjutkan,” ucap Ibnu Sina.

BACA JUGA : Dari Sidak Posko Damkar hingga Latihan Safety Driving, Ini 5 Kesepakatan dengan BPK/PMK

Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel ini mengingatkan agar para sopir damkar yang sudah dilatih, tidak boleh lagi ugal-ugalan atau seenaknya di jalan raya.

“Utamakan keselamatan pengguna jalan yang lain, namun tetap fokus untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah dan tetap menjaga keselamatan sekitar,” pungkas Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.