Dari Sidak Posko Damkar hingga Latihan Safety Driving, Ini 5 Kesepakatan dengan BPK/PMK

0

BARISAN Pemadam Kebakaran (BPK) maupun Pasukan Pemadam Kebakaran (PMK) di Banjarmasin, termasuk terbesar di seluruh Indonesia.

DARI data sementara, tercatat ada sekitar 600 unit BPK/PMK swadaya masyarakat yang ada di ibukota Kalimantan Selatan. Mereka yang berada di garda terddepan dalam memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan dan menanggulangi bencana atas kejadian lainnya.

Kiprah BPK/PMK di Banjarmasin sudah tak bisa diragukan lagi. Tak mengherankan, jika insiden tabrakan armada BPK terhadap pengguna jalan yang terjadi di Banjarmasin, teranyar di Jalan Sutoyo S, Teluk Dalam, Banjarmasin Barat, hanya satu kisah dari rentetan peristiwa tragis dalam misi penyelamatan.

BACA : Respon Insiden Tabrakan Damkar di Teluk Dalam, Direktur BLF Desak Pemda Turun Tangan

Apa saja kesimpulan dari pertemuan Walikota Ibnu Sina, Wakapolresta Banjarmasin AKBP Pipit Subiyanto, Sekda Banjarmasin Ikhsan Budiman, kepala dinas terkait dan perwakilan anggota BPK/PMK se-Banjarmasin di Aula Kayuh Baimbai, Selasa (11/1/2022).

Ada lima poin kesimpulan rapat bersama itu :

  1. Relawan damkar swakarsa wilayah Banjarmasin Timur sepakat untuk mematuhi Perda Nomor 13 Tahun 2008 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran yakni pada Bab DX pasal 31 tentang pembagian wilayah pemadam kebakaran (Zonasi) dengan cara memberikan isyarat terhadap kendaraan-kendaraan relawan damkar yang akan dikoordinasikan lebih lanjut.
  2. Relawan damkar swakarsa wilayah Banjarmasin Timur sepakat untuk syarat menjadi anggota relawan damkar harus berumur minimal 19 tahun sesuai dengan Keputusan Mendagri Nomor 364.1-306 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran.
  3. Relawan damkar swakarsa wilayah Banjarmasin Timur khususnya driver kendaraan (mobil) damkar wajib memiliki surat izin mengemudi (SIM)
  4. Pemerintah Kota Banjarmasin beserta TNI/Polri akan melakukan sidak ke posko-posko relawan damkar swakarsa dalam rangka pengecekan persyaratan teknis dan laik jalan kendaraan serta sarana yang dimiliki relawan damkar swakarsa.
  5. Satuan Lalu Lintas Polresta Banjarmasin siap bekerjasama dengan relawan damkar swakarsa dalam melaksanakan pelatihan safety driving dan memberi materi tentang keselamatan berlalu lintas bagi driver relawan damkar swakarsa.(jejakrekam)
Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.