Tahun 2023, Model Jembatan Gantung Penghubung Sei Jingah-Sei Bilu Segera Dibangun

0

IMPIAN warga Sungai (Sei) Jingah, Banjarmasin Utara dengan Sungai (Sei) Bilu, Banjarmasin Timur akan terwujud dengan penghubung jembatan, bukan lagi getek penyeberangan.

“PADA tahun 2023, kami akan menargetkan pembangunan dua jembatan di atas Sungai Martapura. Yakni, Jembatan gantung Sei Jingah-Sei Bilu serta Jembatan Pramuka-Sungai Gampa,” ucap Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor kepada jejakrekam.com, usai konferensi pers Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496 di Siring Kampung Ketupat Sungai Baru, Banjarmasin, Jumat (23/9/2022).

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin ini menegaskan sejak dulu pembangunan Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu sudah dirancang pada 2016. Dengan adanya dolumen detail engineering design (DED) atau perencanaan teknis detail.

BACA : Telan Dana Jumbo Rp 175 Miliar, Sangsi Rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa Terealisasi

Sekadar mengingatkan, DED Jembatan Sei Jingah memang sempat diajukan Pemkot Banjarmasin ke Kementerian PUPR. Namun, akibat kebijakan ikat pinggang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan terbitnya Inpres Nomor 4 Tahun 2017, akhirnya batal.

“Nah, dokumen DED yang ada akan segera kita review ulang desainnya. Kemudian, penentuan titik koordinat yang benar, sehingga memudahkan pembebasan lahan nantinya,” tutur Arifin.

BACA JUGA : Dibanding Rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa, Rosehan : Jembatan Sungai Jingah Lebih Prioritas!

Menurut dia, jika DED sudah rampung direview, maka tinggal melakukan pembebasan lahan di kawasan Sungai Jingah atau Sungai Bilu, karena desain struktur jembatan berbentuk gantung.

Diakui Arifin, pembangunan Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu itu merupakan aspirasi warga Banjarmasin Utara dan Banjarmasin Timur yang selama ini terpisahkan oleh Sungai Martapura.

Apalagi, Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu itu telah dimasukkan dalam revisi Perda Nomor  5 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banjarmasin tahun 2013-2032.

BACA JUGA : Jembatan Pramuka-Sungai Gampa Rencana ‘Siluman’? Matnor Ali: Diusulkan Jembatan Sungai Jingah!

“Namun, berdasar skedul perencanaan. Tahun 2023 memang didahulukan pengerjaan konstruksi Jembatan Pramuka-Sungai Gampa. Sebab, pembangunan jembatan ini sudah dikuatkan dengan studi kelayakan dan DED,” kata mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Tabalong ini.

Dengan adanya dokumen pendukung itu, Arifin menyebut saat ini untuk menggolkan pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa telah dilaksanakan pembebasan lahan. Begitu dinyatakan tuntas atau clear and clean pada 2023 dilanjutkan dengan  pengerjaan proyek fisik jembatan.

BACA JUGA : Digarap Mulai 2023, Ini Rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa Bernilai Rp 175 Miliar

Kenapa memprioritaskan pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa? Arifin beralasan bahwa rencana pembangunan jembatan itu sudah termaktub dalam Perda Nomor 6 Tahun 2021 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banjarmasin tahun 2021-2041.

Jembatan Pramuka akan dibangun dari poros Jalan Pramuka (Pengambangan-Sungai Lulut) tembus ke Sungai Gampa, Kelurahan Sungai Jingah tembus ke Handil Subardjo, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

BACA JUGA : Tanpa Perlindungan Hukum, Rumah Berarsitektur Banjar di Sungai Jingah Bisa Punah

“Dengan adanya pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa itu bisa memecahkan kemacetan di kawasan itu. Jadi, kami dalam membangun infrastruktur itu berdasar skala prioritas, sebab bisa menunjang pembangunan nasional karena akan tercipta ruas jalan penghubung antara Banjarmasin ke Batola sebagai jalur alternatif baru,” tutur Arifin.

BACA JUGA : Hanya Getek, Komentar Warga : Rencana Jembatan Sei Jingah Sudah Ada Sejak Zaman Nabi Daud!

Dari rancangan awal, total biaya yang ditelan dalam pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa mencapai Rp 175 miliar.

“Makanya, untuk mewujudkan pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa, tentu kami butuh suntikan dana dari Pemprov Kalsel melalui APBD Kalsel. Karena besarnya anggaran, tak mungkin hanya mengandalkan APBD Banjarmasin,” pungkas Arifin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.