Husairi Abdi

Jembatan Pramuka-Sungai Gampa Rencana ‘Siluman’? Matnor Ali: Diusulkan Jembatan Sungai Jingah!

0

RENCANA megaproyek Jembatan Pramuka-Sungai Gampa seperti ‘siluman’. Faktanya, di DPRD Banjarmasin tak pernah digodok soal rencana menghubungkan kawasan Jalan Pramuka ke Sungai Gampa, Kelurahan Sungai Jingah.

FAKTA ini diungkap Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin dari Fraksi Golkar, Matnor Ali. Menurut dia, selama dirinya memimpin rapat menggodok anggaran di dewan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Banjarmasin, tak pernah dibahas soal rencana pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa.

“Saya tidak pernah menyuarakan soal proyek Jembatan Pramuka-Sungai Gampa yang menelan dana ratusan miliar. Yang saya suarakan justru adalah rencana pembangunan Jembatan Sungai Jingah,” tegas Matnor Ali kepada jejakrekam.com, Jumat (28/1/2022).

Politisi senior Golkar ini memastikan tak pernah muncul anggaran baik untuk pembebasan lahan, apalagi untuk merealisasikan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa sepanjang 3,8 kilometer itu hingga ditaksir menelan dana Rp 175 miliar.

BACA : Dibahas Jembatan Sungai Jingah, Kok Muncul Rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa

“Yang saya suarakan itu justru Jembatan Sungai Jingah saat pembahasan anggaran di DPRD. Bahkan, saya menyarankan agar dimasukkan dalam rencana strategis (renstra) rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Banjarmasin, sehingga tahun berikutnya bisa dianggarkan,” kata Matnor.

Ia menyebut rencana pembangunan Jembatna Sungai Jingah itu jusru bergulir ketika Nurul Fajar Desira saat menjabat Kepala Bappeda Kota Banjarmasin pada 2017. Kini Fajar ‘hijrah’ ke Pemprov Kalsel menduduki posisi Kepala Bappeda Provinsi Kalsel.

“Entah kenapa justru rencana pembangunan Jembatan Sungai Jingah itu hilang, sehingga tidak dianggarkan di APBD Banjarmasin,” ucap Matnor.

BACA JUGA : Dibanding Rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa, Rosehan : Jembatan Sungai Jingah Lebih Prioritas!

Mantan Sekretaris DPD Partai Golkar Banjarmasin ini menegaskan jika rencana membangun Jembatan Sungai Jingah yang membentang di atas Sungai Martapura diajukan, mayoritas dewan akan menyetujuinya.

“Sebab, dengan adanya Jembatan Sungai Jingah bisa mengurai kemacetan di wilayah Kampung Melayu dan Seberang Masjid. Eh, sekarang Pemkot Banjarmasin malah ingin membangun Jembatan Pramuka-Sungai Gampa yang fungsinya jelas tidak mengurai kemacetan,” papar Matnor.

BACA JUGA : Telan Dana Jumbo Rp 175 Miliar, Sangsi Rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa Terealisasi

Masih menurut  dia, berbeda jika dana pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa termasuk jembatan bentang panjang itu dibiayai APBN. “Jelas, DPRD Banjarmasin setuju. Yang pasti, rencana pembangunan Jembatan Sungai Jingah pernah direncanakan, bukan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa,” tegas Matnor.

Dia pun menuding rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa itu jelas-jelas tidak ada embrionya. Tiba-tiba dicuatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin.

BACA JUGA : Daripada Bangun Jembatan Pramuka-Sungai Gampa, Isnaini: Fokus Atasi Banjir Dulu!

“Sekali lagi, kalau Jembatan Sungai Jingah memang iya ada. Bahkan, saya sendiri yang meminta agar Pemkot Banjarmasin segera memasukkan ke dalam renstra RPJMD Banjarmasin, sehingga tahun-tahun berikutnya bisa dialokasikan anggarannya di APBD,” pungkas Matnor.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.