Turunkan Tingkat Pengangguran Terbuka, Pemkab Tabalong Luncurkan Inovasi Bengkel Sahabat

0

INOVASI Bina Tenaga Kerja dan Pelatihan Wirausaha Baru Tabalong (Bengkel Sahabat) diluncurkan Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam menjawab penyediaan dan penyerapan lapangan tenaga kerja dan wirausaha.

DILUNCURKAN di Wisma Tamu Bersinar, Tanjung, Selasa (8/8/2023) dalam acara Forum Ketenagakerjaan Kabupaten Tabalong Tahap II Tahun 2023.

Bupati Tabalong Ayang Syakhfiani didampingi Dandim 1008/Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, Kepala Dinas Tenaga Kerja Tabalong Herwandi dan perwakilan perusahaan menekan tombol tanda diluncurkan inovasi Bengkel Sahabat.

“Dengan inovasi Bengkel Sahabat bisa mendorong perluasan kesempatan kerja, peningkatan partisipasi angkatan kerja, dan penyerapan tenaga kerja dalam upaya mengatasi pengangguran, menurunkan persentase penduduk miskin, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tabalong,” kata Bupati Anang Syakhfiani dalam sambutannya.

BACA : Dicapai dalam 4 Tahun, Pemkab Tabalong Ungkap Sudah Cetak 13 Ribu Wirausaha Baru

Menurut dia, dampak itu sudah dirasakan daerah pada 2021 dari jumlah pencari kerja berhasil terserap 828 orang. Tahun 2022, terserap 1.091 orang untuk mendapat pekerjaan lewat inovasi tersebut.

Dia menegaskan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Tabalong cukup meningkat pada tiga tahun terakhir.

“TPT pada 2020 tercatat hanya 3,07 persen naik menjadi 3,43 persen pada 2021. Ternyata, meningkat lagi pada 2022 menjadi 4,46 persen,” kata Bupati Anang.

Lewat kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pihak swasta, Bupati Anang hakkul yakin bisa menemukan solusi dalam mengatasi tingginya TPT di Tabalong. Apalagi, Kabupaten Tabalong juga merupakan wilayah terdekat di IKN Nusantara di Provinsi Kaltim.

BACA JUGA : Rotasi Pejabat Pemkab Tabalong, Anang Syakhfiani: Kepala SKPD Harus Bekerja Secara Luar Biasa

Dalam pertemuan itu, Bupati Anang juga menekankan 4 poin upaya menurunkan TPT di Tabalong. Yakni, melaksanakan program pelatihan yang dapat mendorong para pencari kerja untuk siap masuk dunia kerja.

Kemudian. bersinergi dengan perusahaan terkait kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan, serta informasi lowongan kerja yang tersedia guna disebarluaskan melalui berbagai media agar dapat diisi tenaga kerja lokal.

Poin berikutnya, menjaga hubungan industrial yang harmonis guna menciptakan iklim investasi yang sehat. Dan, terakhir melaksanakan program pelatihan dengan tujuan untuk memperluas kesempatan kerja menjadi wirausaha baru, dan menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap tenaga kerja dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA : Wagub H Muhidin Ajak Semua Elemen Wujudkan Tabalong Serambi Depan Kalsel Penyangga IKN

Sementara itu, Direktur PT Conch South Kalimantan Cement, Qin Dong memastikan perusahaannya berkomitmen guna mewujudkan lokalitasi karyawan dan manajemen.

“Kami terus bekerjasama dengan Pemkab Tabalong dan berkontribusi dalam pembagnunan daerah. Saat ini, lokalitas manajemen karyawan telah mempekerjakan 300 talenta muda di usia-usai rata 30 tahun guna menjalankan transfer ilmu pengertahuan penerapan sistem kerja yang canggih,” tutur Qin Dong.

Masih kata Qin Dong, PT Conch South Kalimantan Cement akan membuka lowongan atau lapangan kerja bagi putra-putri Kabupaten Tabalong.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tabalong Herwandi memastikan inovasi Bengkel Sahabat ini akan menjembatani beberapa kegiatan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya di Kabupaten Tabalong. Dalam hal ini, Disnaker Tabalong berperan sebagai pengumpul dari SKPD mitra tenaga kerjanya.

BACA JUGA : Berhasil Meraih KLA Kategori Nindya, Pemkab Tabalong Targetkan KLA Kategori Utama

“SKPD yang terlibat seperti Dinas Sosial, Dinas Pertanian dan lainnya. Lewat inovasi Bengkel Sahabat ini bisa telah berhasil menciptakan 21.816 wirausaha baru dari target 10.000 usaha pada 2022,” beber Herwandi.

Menurut dia, para calon tenaga kerja juga dilatih di Balai Latihan Kerja (BLK) terus meningkat tiap tahun. Pada 2021, tercatat ada 280 orang naik menjadi 369 orang di tahun 2022.

BACA JUGA : Duet Bupati Anang Syakhfiani-Wabup Mawardi Antarkan Kabupaten Tabalong Toreh Segudang Prestasi

“Penerbitan kartu pencari kerja juga meningkat. Pada 2021 terdata 2.911 diterbitkan naik menjadi 3.710 kartu pada 2022,” kata Herwandi.

Dalam mengatasi masalah pengangguran terbuka di Tabalong, Herwandi mengatakan pemerintah daerah juga mengajak perusahaan yang beroperasi di wilayahnya membangun sinergitas dan kolaborasi, terutama menghadapi IKN Nusantara.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.