Berhasil Meraih KLA Kategori Nindya, Pemkab Tabalong Targetkan KLA Kategori Utama

0

DI HARI jadinya ke-57 tahun 2022 ini, Kabupaten Tabalong terus melakukan pembenahan di setiap bidangnya. Dengan tema ‘Kerja Bersama Wujudkan Tabalong Sebagai Serambi Depan Kalimantan Selatan Penyangga Ibu Kota Negara’, kabupaten yang berada paling ujung di sebelah utara Kalimantan selatan ini selalu berupaya menjadi yang terbaik untuk masyarakatnya.

SETELAH berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anank (KLA) untuk kategori Nindya, dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia Tahun 2022. Pemerintah setempat terus berupaya untuk kembali meraih penghargaan serupa, namun untuk tingkatan lebih tinggi, yakni kategori utama.

Kepala DP3APPKB Kabupaten Tabalong H Rusmadi mengatakan, penghargaan yang diraih atas sinergitas semua pihak yang terlibat di dalamnya.

BACA: Demi Pulihkan Ekonomi, Bupati Anang Syakhfiani Pukul Gong Resmi Buka Pekan Raya Tabalong

Pada tahun 2022 ini, Kementerian PPPA memberikan penghargaan KLA kepada 320 kabupaten/kota, yang terdiri atas delapan kategori utama, 66 kategori nindya, 121 kategori madya, dan 121 kategori pratama. Salah satunya adalah Kabupaten Tabalong sebagai KLA untuk kategori Nindya.

Dengan kondisi dan sinergitas yang ada, Rusmadi berkeyakinan Tabalong akan dapat meraih KLA kategori utama tahun 2023 mendatang. “Kita optimis target tersebut dapat diraih, asalkan semua staekholder bekerja sama mewujudkannya,” ucapnya.

Untuk meraih KLA Kategori Utama, dibutuhkan poin 800-900, sedangkan poin yang dimiliki Tabalong pada KLA tahun ini adalah 797,5 poin.

Kabupaten Tabalong telah membentuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PAT BM). Sehingga Rusmadi menegaskan, untuk dapat mewujudkan Tabalong sebagai serambi depan Kalimantan Selatan Penyangga IKN, KLA ini memang harus diterapkan.

“Tidak hanya di wilayah perkotaan, saat kita juga sudah membentuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PAT BM),” ujarnya.

BACA JUGA: Duet Bupati Anang Syakhfiani-Wabup Mawardi Antarkan Kabupaten Tabalong Toreh Segudang Prestasi

Untuk saat ini di desa-desa yang mengarah ke Ibukota Negara Nusantara, PAT BM sudah dibentuk. Dari 131 desa dan kelurahan se-Tabalong, 80 persen diataranya telah memilik PAT BM dan satgas PPA.

Kelompok ini terbagi dari berbagai elemen masyarakat, seperti tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, aparat, tokoh agama, perwakilan forum anak, dan berbagai elemen lainnya.

“Perlindungan Anak terpadu berbasis masyarakat, di dalamnya itu berbagai elemen masyarakat bergabung di antaranya kalau tingkat Lurah itu ada Lurah, ada sekretaris Lurah, ada aparat Kelurahan. kalau tingkat desa terdiri dari kepala desa, sekretaris desa, aparat desa, kemudian ditambah dengan bidan, ada perawat, ada guru, ada LSM, forum anak atau perwakilan anak, kemudian juga dunia usaha,” bebernya.

Selain bentuk pencegahan, DP3AP2KB Tabalong Juga menyediakan program bagi korban kekerasan dari lingkungan keluarga maupun sekitarnya, salah satunya program pelatihan menjahit. Pelatihan keterampilan diharapkan dapat mengembalikan semangat para korban, serta membuat korban kekerasan dapat berdaya guna.

BACA LAGI: Logo Hari Jadi ke-57 Kabupaten Tabalong Resmi Dirilis, Ini Makna Terkandung di Dalamnya!

Sementara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, banyak aktivis yang bergabung dan melakukan upaya pencegahan di tempat masing-masing.

Selain bentuk pencegahan, Pemkab Tabalong melalui DP3AP2KB menyediakan program bagi korban kekerasan dari lingkungan keluarga maupun sekitarnya, salah satunya program pelatihan menjahit. Pelatihan keterampilan diharapkan dapat mengembalikan semangat para korban, serta membuat korban kekerasan dapat berdaya guna.

“Terimakasih untuk kawan-kawan sekalian, jangan sulut untuk bekerja keras, terlebih-lebih kita menghadapi perpindahan ibukota Negara dari Jakarta ke Kalimantan,” ucapnya Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani.

“Saya berharap dengan momentum hari jadi ke -57 ini, Kabupaten Tabalong dapat lebih maju dan berkembang dan dapat mewujudkan Tabalong sebagai serambi depan Kalimantan Selatan Penyangga IKN,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.