Peresmian Amanah Premier Clinic, Ibnu Sina: Peran Swasta Juga Penting Dalam Peningkatan Kualitas Kesehatan

0

MENINGKATNYA jumlah masyarakat di Banjarmasin, juga menuntut peningkatan layanan kesehatan untuk menunjang kebutuhan.

FASILITAS pelayanan kesehatan yang dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, akan lebih baik lagi dengan adanya peran swasta selalu berupaya memenuhi fasilitas lainnya.

Seperti Amanah Premier Clinic (APC) yang baru buka di Jalan Dahlia Raya. Fasilitas kesehatan ini milik PT Amanah Group, diresmikan oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Sabtu (27/1/2023).

Ibnu Sina melihat, pelayanan kesehatan milik pemerintah bersama dengan milik swasta, harus bisa berkolaborasi. “Ini harapannya bisa memberikan, kenyamanan bagi masyarakat yang ingin berobat,” ucapnya.

“Di samping pemerintah daerah mewujudkan layanan kesehatan, inilah peran swasta berkontribusi. Saya kira yang akan mendapatkan manfaat adalah warga kota,” sambungnya.

BACA: Tantangan dan Peluang dalam Regulasi Klasifikasi Rumah Sakit dalam UU Kesehatan Berbasis Kompetensi

Ibnu juga turut mengapresiasi fasilitas kesehatan yang dibangun Amanah Group tersebut, dianggap sangat refresentatif untuk menunjang kesehatan warga Banjarmasin. “Yang saya garis bawahi tadi adanya kata premier. Apa itu premier? Ternyata memang ada yang berbeda, karena ini seperti rumah sakit,” ungkap Ibnu di sela kegiatan peresmian.

Bukan tanpa alasan, adanya klinik itu merupakan ritisan awal hadirnya Rumah Sakit Amanah Medical Centre. “Hospital Industries berkembang di Banjarmasin. Apalagi Banjarmasin ini kiblat kesehatan dan pelayanan medis di pulau Kalimantan. Karena pernah menjadi rujukan regional pulau Kalimantan,” ujarnya.

Tentunya itu sangat membantu Pemkot Banjarmasin terkait perkembangan fasilitas kesehatan dengan adanya kolaborasi pentahelix tersebut. “Jadi sekali lagi Pemkot Banjarmasin mengucapkan terima kasih,” tutupnya.

Sementara itu, pimpinan Amanah Grup H Imam Abror bersama sang istri Hj Sunarti Imam Abror menyampaikan secara singkat awalnya berdiri APC ini, yang menjadi cita-citanya sejak 34 tahun silam.

H Imam Abror ingin menujukan kepeduliannya kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, yang dapat menjangkau masyarakat lebih jauh. Sehingga berbagai layanan kesehatan untuk masyarakat di APC dapat diwujudkan, diantaranya seperti:

  1. Pelayanan Apotek
  2. Pelayanan Dokter Umum
  3. Pelayanan Dokter Gigi,
  4. Pelayanan Laboratorium Klinik Dan Laboratorium Patologi Anatomi (PA).
  5. Pelayanan Dokter Spesialis Kebidanan Dan Kandungan
  6. Pelayanan Dokter Spesialis Penyakit Dalam
  7. Pelayanan Rehabilitasi Medik
  8. Medical Check Up

BACA JUGA: Belum Miliki Rumah Sakit Rehabilitasi, Pasien Rawat Inap Rehab Pengguna Narkoba Dititipkan

Adanya APC Banjarmasin ini diyakini benar-benar dapat membantu masyarakat, khususnya bagi mereka yang ingin berobat menggunakan BPJS.

Seperti yang diungkapkan perwakilan dokter di APC Banjarmasin, Wuruk Agung Pribuwono menerangkan, nantinya masyarakat yang ingin berobat menggunakan BPJS juga akan diterima. “Namun saat ini masih tahap pengajuan akreditasi BPJS. Kita oprasional dulu tahun ini, tapi ke depannya akan dikembangkan kerjasama layanan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan maupun asuransi swasta lainnya,” ungkapnya.

Tentunya, pihak APC Banjarmasin akan terus memberikan pelayanan bermutu, mudah dan cepat sesuai slogannya ‘Sahabat Untuk Sehat’.

“APC juga dalam proses persiapan akreditasi menjadi kategori Klinik Pratama. Pastinya untuk BPJS kedepannya kita layani,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat Sirajudin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.