Ajak Tim Penilai ADWI 2023, Berziarah ke Makam Sultan Suriansyah Menteri Sandi Kunjungi Kuin Utara

0

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Kamis (3/8/2023).

DI KAMPUNG tua Banjarmasin, Menteri Sandi-sapaan disambut tarian hadrah dan tradisi tapung tawar saat berkunjung ke Komplek Makam Sultan Suriansyah serta Masjid Sultan Suriansyah.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini disambut Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Walikota Arifin Noor, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel M Syarifuddin, Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya serta pejabat Forkopimda Banjarmasin yang kompak berbusana kain sasirangan khas Banjar.

Sebelum berziarah ke makam para Raja Banjar dan bangsawan Kesultanan Banjar, Menteri Sandi juga mendapat penjelasan dari Ketua Pokdarwis Desa Wisata Kuin, Samsul soal potensi kampung tua tersebut. Kedatangan Menteri Sandi untuk penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 didamping tim juri Sang Putu Subaya dan Udi Hartoko.

BACA : Motif Masjid Sultan Suriansyah Jadi Pemenang, 496 Peserta Ramaikan Festival Mewarnai Tanggui Banjar

Usai pada 2021, terdapat 1.831 peserta ADWI meningkat tajam pada 2022 menjadi 3.419 desa. Desa Wisata Kuin Utara juga masuk dalam 75 desa wisata terbaik di Indonesia. Desa-desa ini masuk database di website jejaring desa wisata (jadesta) yang dikelola Kemenparekraf.

“Semangat ADWI 2023 ini mengedepankan desa wiata berkelas dunia guna menggaungkan Indonesia lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif,” ucap Menteri Sandi.

Dirinya yakin program ADWI tetap sasaran dengan basic komunitas Masyarakat yang ada di desa. Menurut dia, dengan inovasi desa wisata itu bisa membuka 4,4 juta lapangan kerja hingga 2024 mendatang.

BACA JUGA : Sampai Kapan Dualisme Pengelola Makam Sultan Suriansyah, Disbudparpora Banjarmasin Segera Bentuk UPT?

Ada beberapa kategori penilaian ADWI 2022 mencakup daya tarik pengunjung (alam, buatan serta seni budaya), homestay dan toilet, souvenir mencakup kuliner, fesyen, kriya hingga digital dan kreaktif, CHSE dan kelembagaan desa.

Rombongan Menteri Sandi dan Walikota Banjarmasin menaiki kelotok wisata Banjarmasin Bungas menyusuri Sungai Kuin. (Foto Sirajuddin)

———–

“Kami mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan serta berstandar internasional,” ucap Menteri Sandi.

BACA JUGA : Wisata Religi Kubah Basirih Raih Juara Harapan 1 ADWI Kategori Souvenir dari Kemenparekraf

Di Kelurahan Kuin Utara sendiri merupakan desa dengan situs bersejarah bernilai tinggi seperti adanya Komplek Makam Sultan Suriansyah, Masjid Sultan Suriansyah, termasuk Sungai Kuin hingga Pasar Terapung Muara Kuin. Kehadiran Sandi pun disambut ratusan warga Kuin Utara untuk bisa bersalaman dengan sang menteri.

Beberapa tradisi warisan Kesultanan Banjar pun tetap dilestarikan masyarakat Kuin Utara seperti Batapung Tawar, Maaturi Dahar atau selamat bagi leluhur dengan 41 macam wadai dan benda-benda pusaka, Baayun Maulid pada bulan Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah, hingga Haul Sultan Suriansyah di bulan yang sama.

BACA JUGA : Dikunjungi Menteri Sandiaga Uno, Walikota Ibnu Sina Target Kubah Basirih Masuk 10 Besar ADWI

Bahkan, Menteri Sandi bersama rombongan Walikota Ibnu Sina pun menyisiri Sungai Kuin dengan menaiki kelotok Banjarmasin Bungas.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.