Wisata Religi Kubah Basirih Raih Juara Harapan 1 ADWI Kategori Souvenir dari Kemenparekraf

0

MASUK dalam 50 desa wisata terbaik dalam anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) pada 2022, kini kawasan wisata religi Kubah Habib Basirih berhasil merebut titel juara harapan 1 kategori souvenir.

PENYERAHAN penghargaan diterima oleh Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kubah Basirih, Husin Luthfie, di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengaku bersyukur karena kolaborasi dengan Pokdarwis Kubah Basirih bisa menorehkan prestasi.

Selain masuk penghargaan 50 desa wisata terbaik ADWI 2022, Kubah Basirih juga meraih juara harapan 1 kategori souvenir. Sementara, saat ini, di Indonesia tercatat ada 3.500 desa wisata.

BACA : Dikunjungi Menteri Sandiaga Uno, Walikota Ibnu Sina Target Kubah Basirih Masuk 10 Besar ADWI

“Penghargaan ini merupakan tak lepas dari jerih payah para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) kawasan wisata religi Kubah Basirih,” kata Ibnu Sina.

Menurut dia, dengan adanya penghargaan itu, maka pembinaan harus lebih dipertajam lagi oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) melalui program Patriot Pariwisata yang dirintis pada 2018, sehingga bisa meningkatkan kualitas produk kerajinan.

BACA JUGA : Tradisi Baayun Maulid di Kubah Basirih Diikuti Warga Pekanbaru

“Pada, 2017, kami merekrut Patriot Pariwisata dan membentuk 10 pokdarwis dgn 10 destinasi baru. Salah satunya adalah Pokdarwis Kubah Basirih, Banjarmasin Barat,” tutur Ibnu Sina.

Dia berharap usaha dan perjuangan mengembangkan kawasan wisata yang telah terbayarkan tersebut, dapat lebih ditingkatkan dari waktu ke waktu.

BACA JUGA : H Ibnu Sina Paparkan Keunggulan Banjarmasin Sebagai Kota Pariwisata Pada Menparekref

“Lelahnya terbayar, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih baik lagi, maju terus pariwisata Kalimantan Selatan, maju terus pariwisata Kota Banjarmasin, dan mudah-mudahan kita bisa segera pulih dari pandemi,” imbuh Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.