Gastin Gabriel Jangkang; Mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM Tembus Jadi Finalis Pilmapres 2023

0

MAHASISWA Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali menoreh prestasi secara nasional. Pada kategori program sarjana, mahasiswa kampus perjuangan ini tembus ke babak final pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tahun 2023.

ADALAH Gastin Gabriel Jangkang, mahasiswa   dari Fakultas Kedokteran ULM telah memasuki babak final Pilmapres tahun 2023 gelaran Kemendikbudristek dalam mengembangkan inovasi melalui berbagai karya unggulan menjawab tantangan di masyarakat.

“Walau mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM ini baru memasuki tahapan baban final Pilmapres tahun 2023 dalam program sarjana. Namun, sudah empat kali wakil dari ULM selalu langganan masuk babak final,” ucap Wakil Rektor I ULM Bidang Akademik, Dr Iwan Aflanie kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Kamis (13/7/2023).

Menurut dia, lolosnya Gastin Gabriel Jangkang sebagai finalis Pilmapres 2023 kategori program sarjana, usai mengalahkan pesaingnya dari seluruh universitas atau perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

BACA : Rampung Dibangun Akhir 2022, Kini ULM Resmi Punya Gedung Laboratorium Terpadu di Banjarbaru

“Ada ribuan peserta yang mengikuti Pilmapres 2023, dengan seleksi sangat ketat secara berjenjang. Dari tingkat fakultas dan bersaing di level universitas yang menuntut multitalenta dan multipleintelligence hingga pada akhirnya memasuki babak persaingan di tingkat nasional. Tentu saja, dengan beragam fakultas dan program studi ikut dalam kompetensi berskala nasional ini,” beber mantan Dekan Fakultas Kedokteran ULM ini.

Iwan Aflanie berharap keluarga besar ULM, umumnya warga Banua bisa memberi support dan doa agar Gastin Gabriel Jangkang bisa sukses keluar sebagai juara Pilmapres 2023.

BACA JUGA : ULM Raih 4 Besar PPK Ormawa dan Peringkat 14 Raih PKM, Rektor: Masih Perlu Kerja Keras

“Kesuksesan mahasiswa ini jgua akan mengangkat dan melambungkan nama ULM di kancah nasional. Sebab, pada babak final, jelas standar penilaiannya akan lebih berat lagi,” papar dokter ahli forensik RSUD Ulin Banjarmasin ini.

Iwan Aflanie sendiri merupakan finalis mahasiswa berprestasi tingkat nasional tahun 1996, saat masih berstatus mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM.

Dalam even Pilmapres 2023 ini, Iwan mengungkapkan awalnya diajukan empat nama yakni, Zidan, Khairul , Azmi dan Gastin. Ternyata, hanya Gastin bisa menembus babak final.

“Kegiatan Pilmapres 2023 merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek) tiap tahun digelar,” kata Iwan lagi.  

BACA JUGA : Membanggakan! Prodi Pendidikan Profesi Dokter dan Sarjana Kedokteran FK ULM Raih Akreditasi Unggul

Lewat ajang itu, Iwan mengatakan bisa meneguhkan kembali fungsi mahasiswa sebagai agen perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik, khususnya program sarjana dan diploma.

Tahapannya bagi yang lolos di ajang seleksi nasional berdasar hasil seleksi administrasi atau seleksi tahap I secara keseluruhan. Sebab, finalis dari program sarjana (S1) dan diploma dari seluruh universitas seluruh Indonesia dicari 19 nama dari program mahasiswa dan 18 nama dari program diploma. Seleksi ini digeber di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar secara luring atau langsung pada 24-28 Juli 2023.

Senada itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM, Muhammad Rusmin Nuryadin mengaku bangga atas prestasi Gastin Gabriel Jangkang Mahasiswa, karena bisa tembus babak final Pilmapres 2023.

BACA JUGA : Ada 16 Cabor Dipertandingkan, ULM Bersiap Jadi Tuan Rumah Pomnas XVIII Tahun 2023

“Apa yang dicapai oleh Gastin Gabriel Jangkang  harus menjadi contoh bagi mahasiswa yang lain di ULM Banjarmasin. Sebab, peluang terbuka agar bisa bersaing di tingkat nasional bagi siapa pun. Tentunya, harus mempersiapkan diri dengan baik,” ucap Rusmin.

Dia berharap dari semua tahapan yang telah dilewati Gastin Gabriel Jangkang bisa membuahkan hasil memuaskan dan mengharumkan almamater.

“Mari kita dukung. Sebab, kebanggaan secara pribadi, untuk keluarga dan pada tentunya akan sangat berdampak pada meningkatnya nilai kinerja ULM,” tandas Rusmin.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/07/13/gastin-gabriel-jangkang-mahasiswa-fakultas-kedokteran-ulm-tembus-jadi-finalis-pilmapres-2023/
Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.