Hitungan Menit Tumpukan Sampah di Pasar Sudimampir Beres, Aksi Bersih-Bersih Polda Kalsel dan Polresta Banjarmasin

0

TIGA lokasi yang dinilai strategis di Kota Banjarmasin jadi sasaran personel kepolisian dalam aksi bersih-bersih sebagai ajang bakti sosial demi memaknai Hari Bhayangkara ke-77.

DIKOMANDO Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi dan Wakapolda Brigjen Pol Rosyanto Yudha  bersama Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito, personel polisi pun turun berjibaku membersihkan tumpukan sampah, Kamis (13/7/2023).

Tiga lokasi yang dipilih jadi sasaran adalah kawasan Pasar Sudimampir, Jalan Ujung Murung. Kemudian, kawasan Sungai Tatas di Masjid Raya Sabilal Muhtadin, serta Jalan Gubernru Soebardjo, Lingkar Selatan, Kota Banjarmasin.

Begitu pasukan diturunkan langsung oleh Polda Kalsel dan Polresta Banjarmasin, hanya hitungan menit tumpukan sampah di pasar, jalan dan sungai langsung disikat bersih untuk diangkut truk pengangkut sampah menuju ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih.

BACA : Volume Sampah Meningkat di Bulan Puasa, DLH Banjarmasin Kasih Uang Lembur Petugas Kebersihan

Aksi bersih-bersih ini juga melibatkan masyarakat dari semua kalangan digelar Polda Kalsel. Tujuan polisi guna mempromosikan kesadaran lingkungan dan memperkuat hubungan antara kepolisian dan masyarakat.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menyampaikan, agar  masyarakat khususnya pedagang menjaga kebersihan di lingkungannya, sehingga para pengunjung pasar nyaman belanja di Pasar Sudimampir.

BACA JUGA : TPA Basirih Diperkirakan Dapat Bertahan Hingga 2 Tahun Lagi

“Kegiatan ini diinisiasi Mabes Polri sehingga serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia melibatkan masyarakat disemua kalangan,” ucap jenderal bintang dua ini.

Menurut Andi Rian, dengan gelaran aksi bersih-bersih ini bisa membangkitkan semua stakholder dan pemangku kepentingan ikut tergerak selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Dalam kegiatan ini, kami juga berkomunikasi dengan dinas terkait, terutama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin. Karena mereka punya sarana dan prasarana,” kata eks Direktur Tipidum Bareskrim Polri ini.

BACA JUGA : Tangani Limbah Medis RS dan Puskesmas, Insinerator Siap Dibangun di TPA Basirih

Andi Rian menegaskan ke depan, jika ada lokasi yang terdapat tumpukan sampah atau lainnya untuk dibersihkan maka akan dikerahkan pasukan polisi.

“Untuk kegiatan akasi bersih-bersih hari ini memang difokuskan pada tiga titik di wilayah Kota Banjarmasin,” imbuh Andi Rian.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.