ULM Raih 4 Besar PPK Ormawa dan Peringkat 14 Raih PKM, Rektor: Masih Perlu Kerja Keras

0

DIREKTORAT Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek mengumumkan 20 perguruan tinggi terbaik dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023.

DARI 20 Perguruan tinggi terbaik meraih program tersebut, Universitas Lambung Mangkurat (ULM)  menduduki urutan 14 dengan dengan meraih proposal sebanyak 63, sedangkan yang tertinggi diraih Universitas Gajah Mada (UGM) sebanyak 282 proposal.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)  adalah kegiatan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di perguruan tinggi agar dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau profesional untuk menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

“Alhamdulillah ULM meraih urutan 14 dari 20 perguruan tinggi se Indonesia, lolos didanai PKM 8 Bidang Tahun 2023,” ungkap Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri dengan Jejakrekam.com, Jumat (16/6/2023). 

BACA: Dibagi 3 Jalur Seleksi, ULM Dapat Jatah Terima 6.888 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024

Delapan bidang dimaksud yang bisa dipilih mahasiswa yakni:
1. PKM Riset Eksakta (PKM-RE),
2. PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH),
3. PKM Pengandian kepada Masyarakat (PKM-PM),
4. PKM Kewirausahaan (PKM-K),
5. PKM-Karsa Cipta (PKM-KC),
6. PKM Karya Inovatif (PKM-KI),
7. PKM Penerapan Iptek (PKM-PI),
8. PKM-Karya Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK).

“Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat bagi ULM  untuk meningkatkan partisipasinya dalam setiap pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa,” ujarnya.

Tak hanya sampai disini, tahun 2023 ini ULM juga masuk 4 besar nasional perguruan tinggi dengan pendanaan terbanyak pada Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa ),” ujarnya.

Hasil ini menunjukkan bahwa ULM merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki trend prestasi dan inovasi yang menanjak. ULM  terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia nasional.

Salah satu upaya yang dilakukan ULM yakni mendorong dan mendukung mahasiswa untuk berprestasi. 

BACA JUGA: Membanggakan, Dua Mahasiswa FK ULM Torehkan Prestasi Di Ajang Internasional

Terbukti, berbagai prestasi diraih mahasiswa ULM , yang terbaru keberhasilan organisasi mahasiswa (Ormawa) ULM  yang berhasil lolos pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2023.

Hal ini diketahui berdasarkan pengumuman oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang mana ULM urutan 4 dengan 10 judul subproposal.

Prof Ahmad Alim Bachri pun menyampaikan apresiasi seraya mengucapkan selamat kepada mahasiswa atau tim ormawa ULM  yang 10 Judul  Subproposal nya diterima di tingkat nasional.

Beliau mengharapkan, kepada para dosen dan mahasiswa ULM untuk menjaga momentum tersebut. “Prestasi ini patut kita banggakan, dan sembari berharap untuk terus dapat ditingkatkan untuk masa yang akan datang,” harap Prof Alim.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.