Ada 16 Cabor Dipertandingkan, ULM Bersiap Jadi Tuan Rumah Pomnas XVIII Tahun 2023

0

UNIVERSITAS Lambung Mangkurat (ULM) bersiap diri menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVIII 2023 yang akan mempertandingkan 16 cabang olahraga (cabor).

DIAGENDAKAN seluruh atlet dari kalangan mahasiswa perguruan tinggi seluruh Indonesia akan mengikuti Pomnas XVIII pada November 2023 mendatang.

Demi menyambut ULM sebagai tuan rumah, sof launching Pomnas XVIII dihelat di halaman Rektorat ULM, Banjarmasin, Selasa

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menyelenggarakan soft launching Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII tahun 2023 yang mempertandingkan 16 cabang olahraga (cabor) diikuti para atlet berasal dari perguruan tinggi seluruh provinsi di Indonesia di Halaman Rektorat ULM pada Selasa (30/5/2023).

Kampus yang dulu bernama Unlam ini merupakan kali kedua menjadi tuan rumah, karena sebelumnya pada 2007 silam, ULM juga menghelat Pomnas.

BACA : Paman Birin Tegaskan Kalsel Siap Tuan Rumah Pra PON 2023

Dalam soft launching itu ditandai dengan pelepasan burung dara oleh Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Muhamad Rusmin Nuryadin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel Hermansyah, Kepala Pusat Prestasi Nasional Hendarman, Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia Asep Supmayadi, Sekjen pengurus Pusat BAPOMI Apri Yudianto, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Bidang SDM Husnul Khatimah serta lainnya.

“Mari kita sukseskan Pomnas karena tahun ini Kalsel dipercayakan menjadi tuan rumah. Apalagi, sebagai tuan rumah, ULM juga melibatkan perguruan tinggi yang ada di Kalsel masuk dalam kepanitian serta mengirim atlet mahasiswa masukd alam kontingen Kalsel,” ucap Rektor ULM Prof Ahmad.

BACA JUGA : Akhir Tahun 2022, Renovasi Stadion 17 Mei Ditarget Rampung, Bisa Jadi Markas PS Barito Putera

Dia mengajak agar momentum ULM menjadi tuan rumah Pomnas bisa menjadi barometer keberhasilan Kalsel menggelar even besar berskala nasional di bidang olahraga.

Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM ini mengaku bangga dengan gelaran Pomnas XVIII, terlebih lagi Kalsel khususnya kampus perjuangan ini menjadi tuan rumah. “Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi pengembangan program pembangunan di Kalsel,” ucap Prof Ahmad.

Menurut dia, pada Pomnas XVIII 2023 ini diperkirakan ada 10 ribu orang yang akan datang ke Kalsel. Hal ini bisa mendorong peningkatan angka wisatawan ke Kalsel, termasuk mendongkrak perekonomian bagi pelaku UMKM serta bidang pariwisata.

BACA JUGA : Sudah Telan Dana Puluhan Miliar dari APBD Kalsel, Kapan Renovasi Stadion 17 Mei Selesai?

Sementara itu, Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hendarman mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalsel dan ULM yang bersedia menjadi tuan rumah Pomnas XVIII 2023.

“Pada Juli mendatang akan dilaksanakan grand launching Pomnas XVIII tahun 2023. Kami mengapresiasi kesiapan Kalsel menggelar even berskala nasional setelah diputuskan pada Pomnas XVII di Sumatera Barat. Kami berharap Gubernur Kalsel Sahbirin Noor (Paman Birin) bisa meyakinkan Presiden Jokowi datang ke Kalsel untuk membuka Pomnas tahun ini,” tutur Hendarman.

BACA JUGA : Target 2023 Miliki 100 Guru Besar, Rektor ULM Ahmad Alim Bachri Dorong Dosen Raih Titel Profesor

Even Pomnas merupakan kompetisi olahraga berskala nasional yang diikuti mahasiswa perguruan tinggi pada jenjang S1 (sarjana) maupun diploma digelar 2 tahun sekali oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) selain di tingkat provinsi, ASEAN, dan dunia.

Direncanakan pada Pomnas XVIII (ke-18) di Kalsel dengan ULM sebagai tuan rumah akan digelar pertandingan 16 cabor. Di antaranya, atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket, dan bola voli pasir. (jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.