Polda Kalsel Segera Buka Rekrutmen Bagi Kaum Difabel Bisa Mengabdi di Polri

0

MELALUI program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berupa membangun persamaan persepsi dan akses ketersediaan lapangan kerja bagi penyandang disabilitas di lingkungan Polri.

HAL ini menjadi manifestasi Polri dalam memberi kesempatan bagi warga Indonesia, termasuk penyandang disabilitas dalam berkontribusi nyata kepada negara, khususnya menjadi anggota Polri.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalsel Kombes Pol Muhammad Arif Sugiarto mengatakan pada dasarnya penyandang disabilitas punya hak mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak.

“Pertanyaannya bisa nggak kaum difabel jadi polisi? Ya tentu bisa. Pada dasarnya, kami butuh kemampuan mereka yang tenaganya dibutuhkan untuk pelaksanaan tugas fungsi. Berdasarkan pelaksanaan tugas polisi, difabel fisik itu bisa, tentunya pada tugas-tugas polisi yang tidak membutuhkan fisik,” kata Kombes Pol Muhammad Sugiarto kepada awak media di Banjarmasin, Selasa (23/1/2024).

BACA : Libatkan Akademisi Universitas Leeds Inggris, Penyandang Disabilitas Dibekali Diri Hadapi Bencana

Dia menegaskan para penyandang disabilitas tentu tidak di front line (garis depan), namun berada di back office. Bahkan, menurut dia, Polri sudah melalukan survei ke berbagai negara lain, ternyata para difabel ini diterima menjadi anggota polisi.

“Namun mereka tidak ikut rekrutmen reguler. Mereka ikut rekrutmen proaktif (Rekpro). Ada hal-hal khusus dengan perlakuan khusus untuk kepentingan khusus,” ucap Arif Sugiarto.

BACA JUGA : Menuju Kota Inklusi, Perda Perlindungan Penyandang Disabilitas Terus Disosialisasikan

Perwira menengah Polda Kalsel ini menegaskan nantinya ada  persyaratan akan lebih spesifik. Bahkan, tes rekrutmen pun akan dibuat beda.

“Mungkin lebih ditekankan pada kompetensi yang dibutuhkan. Untuk kuota sendiri, tahun ini sudah dilaksanakan secara terpusat oleh Mabes Polri, di Polda Kalsel sendiri semoga saja secepatnya mengikuti, apakah dalam waktu dekat ini pada Maret atau penerimaan berikutnya. Yang pasti tahun ini akan dibuka,” ujar mantan Kasubdit II Ditreskrimum Polda Kalsel ini.

Adapun negara yang sudah merekrut polisi penyandang disabilitas adalah Police Officers Acros The U.S, Western Australia Police Force, Police Scotland, Victoria Police dan British Transport Police.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.