Ajukan 54 Titik ETLE di Banjarmasin dan Banjarbaru, Pemprov-DPRD Kalsel Siap Kucurkan Anggaran

0

PENERAPAN tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Banjarmasin berdampak positif bagi pengguna jalan raya.

BAHKAN, melalui penerapan ETLE berimbas pada pendapatan daerah meningkat. Ini karena selain merekam pelanggaran juga terdapat siapa saja yang belum bayar pajak kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel, Kombes Pol Maesa Soegriwo mengatakan guna memaksimalkan penilangan elektronik, Polda Kalsel akan menambah ETLE. Hanya saja, untuk jumlah ETLE belum diketahui.

“Penambahan ETLE ini dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel. Rencananya, kami penambahan ETLE. Selain di Banjarmasin juga ke Banjarbaru. Karena, Banjarbaru merupakan ibukota Provinsi kaslel. Kami akan berkoordinasi dengan Polres Banjarbaru di mana saja kira-kira akan kita pasang,” papar Kombes Pol Maesa Soegriwo kepada awak media di Banjarmasin, Rabu (8/2/2023).

BACA : Pelat Ranmor Putih Sementara Berlaku di Banjarmasin, Dipasang ANPR Biar Terbaca Kamera ETLE

Selain tambahan unit ETLE dari Pemprov Kalsel, Maesa mengatakan pihaknya juga berharap dari Korlantas Mabes Polri untuk penambahan kamera tilang elektronik tersebut.

“Untuk di wilayah hukum, Kapolres setempat agar bisa berkoordinasi dengan kepala daerah masing-masing, agar bisa memasang ETLE di wilayahnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengatakan inisiatif Polda Kalsel untuk menambah ETLE patut diapresiasi. Menurut Supian, dampak adanya ETLE sangat positif bagi pengguna jalan raya dan pendapatan daerah.

BACA JUGA : Pantau Titik Rawan, Ditlantas Polda Kalsel Segera Luncurkan E-TLE Mobile Handheld

“Tidak hanya dukungan ini merupakan gayung bersambut. Dulu sebelumnya, Polda Kalsel minta 3 unit, kami alokasikan hanya 1 unit melalui APBD perubahan,” kata legislator Golkar ini.

Namun, menurut Supian, karena diperlukan mendesak, akhirnya setelah dilakukan pertemauan antara Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dengan Kapolda Kalsel Irjen Pol Irjen Pol Andi Rian R Djajadi bersama DPRD Provinsi Kalsel, kamera ETLE akan segera ditambah menggunakan APBD murni 2023.

BACA JUGA : Tak Ada Lagi Tilang di Tempat, Berikut Besaran Denda Pelanggaran Lalu Lintas di Banjarmasin

“Dinas Perhubungan bekerjasama dengan Ditlantas Polda Kalsel sudah mengajukan, dalam waktu dekat akan kami setujui,” papar Supian.

Ketua DPRD Kalsel H Suoian HK didampingi Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo saat memberi keterangan pers ke awak media di Banjarmasin, Rabu (8/2/2023). (Foto : Iman Satria)

Dia menyebut Polda Kalsel mengajukan 54 titik di Kalsel. Namun, menurut Supian, pihaknya belum bisa memenuhi semua penambahan unit kamera tilang elektronik tersebut.

“Kami lihat berapa, sesuai dengan anggaran yang kita alokasikan. Khusus Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar kita yang handle (tangan). Sedangkan, untuk di Kabupaten/kota lainnya mungkin nanti pemerintah setempat juga akan membantu,” imbuh Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel ini.

BACA JUGA : Surat Tilang Dikirim ke Rumah, 2.492 Pelanggaran Tertangkap Kamera E-TLE; Dendanya Tak Main-Main!

Untuk diketahui, dikutip dari laman dataindonesia.id, berdasarkan laporan Polri, sudah ada 1.210 kamera ETLE yang terpasang di Indonesia hingga 31 Desember 2022. Kamera ETLE tersebut terbagi ke dalam empat jenis.

Kamera ETLE mobile handheld menjadi yang paling banyak mencapai 794 unit. Jenis kamera ini menggunakan kamera ponsel yang telah terpasang ETLE. Kamera statis menyusul di urutan selanjutnya lantaran telah terpasang sebanyak 294 unit.

BACA JUGA : Ratusan Kamera Pengawas Disebar di Fasilitas Publik di Banjarmasin, Ini Titik-Titiknya!

Kamera ini merupakan kamera ETLE pertama yang diperkenalkan dan pertama kali dipasang di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Ada pula 63 kamera ETLE mobile onboard yang telah terpasang di Indonesia hingga akhir tahun ini. Sementara, jumlah kamera speedcam yang terpasang mencapai 59 unit.

Sementara itu dikutip dari radarsolo, menyebutkan harga per unit CCTV berteknologi artificial intelligence (AI) mencapai Rp 3 miliar. (jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/02/08/ajukan-54-titik-etle-di-banjarmasin-dan-banjarbaru-pemprov-dprd-kalsel-siap-kucurkan-anggaran/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.