Husairi Abdi

Ratusan Kamera Pengawas Disebar di Fasilitas Publik di Banjarmasin, Ini Titik-Titiknya!

0

RATUSAN kamera pengawas (CCTV) disebar Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, guna memberi rasa aman bagi warga urban.

JUMLAH kamera pengawas pun terus bertambah. Pada tahun 2018 lalu, terdata 104 unit CCTV terpasang, terutama di area pelayanan publik dan taman-taman kota. Program pemasangan CCTV ini juga berkelindan dengan Banjarmasin Smart City yang kini bertagline Banjarmasin Pintar.

“Hingga akhir 2021 ini, jumlah CCTV yang dipasang di Banjarmasin terus bertambah. Pada tahun 2021, tercatat sudah sebanyak 219 unit CCTV yang dikelola langsung Diskominfotik Banjarmasin,” ucap Kepala Diskominfontik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika kepada jejakrekam.com, Jumat (18/3/2022).

BACA : Bukan Hanya Tiang dan Kayu, CCTV di Siring Menara Pandang pun Raib

Mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin ini memastikan pada 2022 ini akan ada tambahan pemasangan CCTV terutama di titik-titik keramaian.

“Seperti di kawasan Jembatan Bromo, akan dipasang empat unit CCTV lagi. Apalagi, sebelumnya pernah terjadi pencurian mor jembatan. Dengan adanya CCTV itu, bisa terekam setiap kejadian,” kata Windi-sapaan akrabnya.

Menurut dia, dengan adanya CCTV ini diharapkan bisa digunakan untuk keamanan,pengawasan dan merekam suatu peristiwa atau kejadian di lokasi terpasangnya kamera pengawas tersebut. Ratusan CCTV ini pun langsung terkoneksi dengan ruang kontrol di Kantor Diskominfotik Banjarmasin di Jalan RE Martadina, kawasan Balai Kota.

BACA JUGA : Polda Kalsel Resmi Terapkan ETLE, Pengendara Nakal Siap-siap Dikirimi Surat Tilang!

Beberapa titik CCTV yang ada di banajramsin di antaranya adalah kawasan Balai Kota Banjarmasin di Jalan RE Martadinata, Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) yang sebelumnya Badan Keuangan Daerah (Bakueda) Banjarmasin di Jalan Pramuka, Komplek Tirta Dharma PDAM Bandarmasih.

Kemudian, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin Jalan Sultan Adam, Dinas PMPTSP, Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja, Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan Banjarmasin. Berikutnya, Puskesmas Teluk Dalam, Puskesmas Cempaka Putih, Puskesmas Alalak Selatan, Puskesmas Pekauman dan Puskemas Pelambuan.

BACA JUGA : Informasi E-TLE Banjarmasin di 7 Titik Beredar, Dirlantas Polda Kalsel Pastikan Hoaks

Kemudian, Taman RTH Kamboja di Jalan Anang Adenasi, Taman Patung Bekantan di Jalan KP Tendean, Taman 0 Kilometer Jenderal Sudirman, Siring depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin Jalan Jenderal Sudirman, RTPRA Jembatan Banua Anyar Jalan Pangeran Hidayatullah, Taman Lalu Lintas Jalan AS Musyaffa.

Selain Diskominfotik, di beberapa ruas jalan di Banjarmasin juga dipasang CCTV yang dikontrol Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin. Ada lima lokasi titik pantau lalu lintas yang pasang CCTV, yakni persimpangan Jalan Pangeran Antasari, Jalan Lambung Mangkurat, persimpangan Jalan A Yani Km 6, persimpangan Jalan Jafri Zamzam dan persimpangan Jalan Sutoyo S (Teluk Dalam).(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.