Gantikan Dahlan, Ketua KONI Batola Terpilih Nazhirni Janjikan Program Pembinaan Atlet Berprestasi

0

TERPILIH secara aklamasi usai sempat rehat satu periode, Nazhirni dipercaya untuk memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Barito Kuala (Batola) periode 2022-2026.

NAZHIRNI terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Batola di Aula Selidah, Marabahan, Sabtu (31/12/2022). Dia menggantikan ketua terdahulu, Dahlan, usai mengantongi dukungan 28 cabor dari 36 pengurus cabang olahraga (cabor) yang ada di bawah naungan KONI Batola.

Sebelum ini, pria yang berpengalaman sebagai Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Batola ini pernah menjabat Ketua KONI Batola pada periode 2010-2014 dan 2014-2018.

Namun pada periode 2018-2022, jabatan Ketua KONI dipegang Saleh. Hanya saja karena Saleh juga menjabat Ketua DPRD Batola, akhirnya mengundurkan pada 2020. Hingga jabatan Ketua KONI Batola dipegang oleh Dahlan hingga tahun 2022.

BACA : Minimal Didukung 5 Pengcab, Dahlan Siap Kembali Pimpin KONI Batola di Musorkab

Terpilihnya Nazhirni usai melalui serangkaian acara diawali sidang pleno I berisi pengesahan susunan acara dan tata tertib, pemilihan pimpinan sidang, laporan pertanggungjawaban KONI masa bakti 2018-2022, pemandangan umum anggota, tanggapan KONI, pengesahan laporan laporan, pembentukan komisi, serta laporan dan pengesahan hasil sidang komisi.

Ketua KONI Batola terpilih Nazhirni mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan para pengurus cabor untuk memimpin organisasi induk olahraga di kabupaten itu. “Saya akan membuat terobosan dalam upaya meningkatkan prestasi para atlet olahraga di Batola,” ucap Nazhirni.

BACA JUGA : Jelang Musorkab, KONI Batola Gelar Rapat Persiapan Rakerda

Dia memastikan perencanaan matang dalam dua hingga tiga tahun ke depan dengan merekrut pelatih dari luar serta menitipkan atlet-atlet Batola. Terutama, di daerah-daerah yang dinilai sukses melakukan pembinaan sesuai cabang olahraga yang dimiliki Batola.

“Hal ini dilakukan KONI ke depan guna mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana (sarpras) olahraga yang dimiliki di samping akan efektif dalam melakukan pembinaan para atlet,” tutur Nazhirni.

Dia menyebut saat ini, ada 36 cabor di bawah binaan KONI Batola. Nah, kata Nazhirni, jika separuh saja bisa dilakukan pembinaan maksimal, diyakini akan mampu menempatkan Bumi Selidah ini dalam posisi menengah bahkan teratas dalam prestasi olahraga di Kalsel.

BACA JUGA : Sepekan Diisi Acara Seremonial, Gaya Kepemimpinan Pj Bupati Batola Dikritik Akademisi ULM

Mengenai minimnya sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Batola, Nazhirni mengatakan perlu kerja keras bersama serta kolaborasi dengan pemerintah daerah. Khususnya, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Batola.

“Kita punya kesamaan Hasrat dan keinginan untuk melengkapi sarana dan prasarana olahraga di Batola. Namun, kendala yang dihadapi adalah keterbatasan anggaran,” tutur Nazhirni.

Sembari menunggu waktu melengkapi sarana dan prasarana olahraga, Nazhirni hakkul yakin dengan formula pembinaan yang efektif seperti mendatang pelatih dari luar atau mengirim atlet berlatih di luar Batola, bisa jadi pilihan jangka pendek.

BACA JUGA : Tolak Ekspansi Kebun Sawit, Warga Desa Jambu Baru Mengadu ke DPRD Batola

“Semoga dalam empat tahun ke depan, satu per satu sarana dan prasarana olahraga di Batola bisa ditingkatkan dan bertambah,” tuturnya.

Musorkab KONI Batola masa bakti 2022-2026 ini dibuka Penjabat Bupati Mujiyat melalui Kadisporbudpar Batola, Sabirin. Perhelatan ini juga dihadiri Ketua Umum KONI Kalsel, Bambang Heri Purnama melalui Wakil Sekretaris III H AR Iwansyah dan Kabid Organisasi H Abdul Haris Makkie dan jajaran.

Kepala Disporbudpar Kabupaten Batola Sabirin berharap agar lewat ajang musorkab ini bisa melahirkan susunan kepengurusan yang andal dan memiliki komitmen yang kuat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

BACA JUGA : Jadi Cabor Andalan Tabalong, Kemenpora Bantu 115 Peralatan Tanding Anggar dan Panjat Tebing

“Kemudian menghasilkan program kerja yang baik dalam upaya mencapai kemajuan bidang olahraga serta prestasi olahraga yang lebih meningkat di Kabupaten Batola,” kata Sabirin.

Senada itu, Ketua Umum KONI Kalsel HM Bambang Heri Purnama dalam sambutan yang dibacakan Wakil Sekretaris III H AR Iwansyah mengingatkan hal yang penting untuk menjadi figur Ketua KONI hendaknya memahami tugas dan tanggung jawab dalam pembinaan olahraga dan tidak bertentangan dengan AD/ART KONI. Utamanya lagi, tidak bertentangan dengan UU Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

“Semoga Musorkab KONI Batola ini dapat menghasilkan keputusan yang strategis guna kemajuan prestasi olahraga di daerah ini,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.