Terjunkan 1.100 Personel Gabungan Jelang Pergantian Tahun, 66 Titik Keramaian Publik Diawasi

0

PENGAMANAN malam pergantian tahun 2022 ke 2023 akan dikawal 1.100 personel gabungan TNI/Polri serta pemerintah daerah Kalimantan Selatan di Banjarmasin.

PENERJUNAN pasukan gabungan ini ditandai dengan apel persiapan pengamanan di Jalan Jenderal Sudirman, depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin, Sabtu (31/12/2022).

Apel persiapan pengamanan malam pergantian tahun ini dipimpin Wakil Kapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono itu diikuti oleh ribuan personelgabungan dari TNI-Polri, Dishub, Satpol PP dan beberapa instansi terkait.

Dalam amanat Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi R Djajadi yang dibacakan Wakapolda Agung mengingatkan agar seluruh personel gabungan melaksanakan tugas dengan tulus dan penuh tanggung jawab.

“Lakukan deteksi dini aksi meresahkan masyarakat dengan memanfaatkan titik titik kerawanan. Khususnya, yang menjadi pusat konsentrasi masyarakat secara tepat dan optimal,” ujar Wakapolda Kalsel.

BACA : Waspada Cuaca Ekstrem Pengujung Tahun, Puting Beliung Terjang Kawasan Sungai Andai

Jenderal bintang satu ini juga mengungkapkan agar para personel yang bertugas tetap menjaga kondisi fisik, mental dan keselamatan diri selama menjalankan tugas. Hal ini sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.

“Dalam menjalankan tugas agar mengarahkan, agar melakukan pengamanan secara profesional dan humanis, serta hindari sikap arogan,” tegasnya.

Menurut Agung, pemantapan kerja sama, sinergi dan solidaritas semua pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan pengamanan malam pergantian tahun baru.

BACA JUGA : Sepanjang Tahun 2023 Diisi 42 Event, Forkot Banjarmasin Sebut Kesan Kuat Berfoya-Foya dengan APBD

Dia mengungkapkan ada 1.100 personel gabungan diterjunkan dalam pengamanan malam pergantian tahun. Mereka disebar di 66 titik keramaian di Kota Banjarmasin yang menjadi konsentrasi pengawasan atau pengamanan. Selain itu, tim gabungan juga mendirikan 5 pos pengamanan (pospam) dan satu pos pelayanan.

Tak hanya berada di pospam, Wakapolda Kalsel mengatakan pengamanan juga dilakukan dengan menggelar patroli, terutama ke titik-titik even yang dilaksanakan masyarakat dalam menyambut malam pergantian tahun.

BACA JUGA : Ada 58 Titik Genangan Air, PUPR Banjarmasin Siagakan 5 Unit Armada Atasi Banjir Rob

Agung mengatakan walau kondisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah berada di level 1. Namun, masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kesehatan, menghindari kerumunan serta menjaga keamanan diri sendiri dan orang lain.

“Semoga tahun 2023 nanti lebih baik dibanding tahun 2022,” pungkas perwira tinggi yang sebentar lagi akan pindah dari Polda Kalsel ini.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.