Tim Putera Puteri Banjarmasin Juarai Dragon Boat di Batola

0

TIM Dayung Bergelora Banjarmasin berhasil menorehkan prestasi membanggakan, dalam event Batola Dragon Boat Open dan Jukung Tradisional, Sabtu (20/1/2024).

TIM putera maupun puteri asal Kota Seribu Sungai ini mampu menempati juara pertama, dalam lomba yang digelar di Long Storage, Marabahan, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Tak hanya itu, kontingen yang terdiri dari tiga regu di nomor Dragon Boat ini juga mampu menempatkan satu pesertanya lagi, yakni Banjarmasin Bergelora Muda sebagai juara IV putera.

BACA: Lestarikan Budaya, Gubernur Kalsel Gelar Lomba Kayuh Jukung Tradisional

Tim putera Banjarmasin Bergelora berhasil meraih juara I setelah menyisihkan peserta tuan rumah Kodok Sambur New yang berada di posisi II dan Raja Ayak asal Tabunganen (Batola) juara III. Sementara juara V ditempati Raja Tumpang (Batola), serta Bambalon Sport (Ulu Benteng/Batola) juara VI.

Di nomor Dragon Boat Puteri, tim dayung Galuh Bergelora Banjarmasin mampu mengungguli pesaing-pesainnya yakni Puteri Bahalap (Batola) juara II, Hasur Dehes (Pulang Pisau/Kalteng) urutan III, Sejalur Puteri (Lepasan/Batola) juara IV, Semangat Behari (Banua Anyar/Batola) juara V, dan Aura Sport (Ulu Benteng/Batola) juara VI.

Khusus di nomor perahu tradisional juara I berhasil ditempati tim dayung Ridho Ilahi (Tabunganen/Batola), Raja Banlur 2 (Basirih/Banjarmasin) juara II, juara III Kunang-Kunang 2 (Kuin Besar (Banjarmasin), Al-Ahdat (Tabunganen/Batola) juara IV, Zahda 2 (Tabunganen/Batola) juara V, dan Love 99 (Alalak/Batola) juara VI.

Selain mendapatkan trofi, para pemenang juga mendapatkan uang pembinaan dengan total hadiah Rp 100 juta.

Salah satu peserta dari Banjarmasin, Zakir mengungkapkan rasa puasnya akan prestasi yang ditorehkan timnya. Mengingat persaingan yang sangat ketat khususnya dari peserta-peserta tuan rumah. Namun berkat persiapan yang cukup matang serta pelatihan yang rutin, membuahkan hasil yang tidak sia-sia.

Zakir mengaku cukup kaget atas sarana yang dimiliki Batola, mengingat yang ia ketahui selama ini lomba selalu digelar di Sungai Barito.

Pria berusia 28 tahun itu pun menilai keberadaan kanal yang dimiliki Batola cukup memadai, dan letaknya cukup refresentatif. “Saya kira keberadaan Long Strorage ini sangat positif yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana latihan dalam rangka mencetak pedayung-pedayung muda berbakat, di samping juga bermanfaat sebagai sarana pertandingan maupun even-even lainnya,” tuturnya.

Pria yang mengaku baru pertama kali meraih juara ini berharap, Pemkab Batola agar sering mengadakan event semacam ini, sehingga mereka bisa mengikuti pertandingan.

BACA JUGA: Meriahkan Sumpah Pemuda, Dispora Kalsel Gelar Lomba Perahu Naga

Terpisah, Ketua PODSI Batola Akhmad Wahyuni mengaku sangat gembira, atas suksesnya event yang juga dalam rangkaian turut memeriahkan Peringatan Hari Jadi ke-64 Kabupaten Barito Kuala Tahun 2024.

Pria yang juga menjabat Kadisdukcapil Batola ini mengucapkan terima kasih, atas diizinkannya pelaksanaan di kanal Long Storage dari pihak terkait. “Ucapan terima kasih tak lupa tentunya disampaikan kepada Pj Bupati Mujiyat, Sekda, Disporbdupar, panitia, para peserta, dan seluruh lapisan masyarakat yang mendukung jalannya kegiatan sehingga acara yang diselenggarakan bisa berlangsung sukses dan semarak,” ucap Akhmad Wahyuni.

Pria yang akrab disapa pak Wawah ini merencanakan, akan kembali akan mengadakan even serupa maupun dari kalender dari PODSI sendiri seperti kejurda, kejurprov dan sejenisnya. Untuk itu ia berharap kepada seluruh peserta untuk senantiasa berlatih sehingga ketika digelar lomba, peserta sudah bisa meningkatkan kemampuan dalam bertanding.(jejakrekam)

Penulis Sirajudin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.