Dikhawatirkan Ambruk, Rumah Beton Berloteng Jalan Cendrawasih Terpaksa Dikosongkan

0

KONDISI bangunan yang tak lagi layak untuk dihuni, membuat para penghuni rumah beton berloteng atau berlantai 2 terpaksa diungsikan.

DIDUGA keretakan pada bangunan pemukiman warga ini juga terpengaruh kondisi tanah yang makin gembur, usai dilanda banjir rob beberapa waktu lalu.

Dinding rumah beton tergolong cukup mewah di Jalan Cendrawasih, Pembangunan 1, Kelurahan Belitung Selatan, Banjarmasin Barat, tampak retak-retak, sehingga dikhawatirkan sewaktu-waktu bisa ambruk.

Komandan Regu (Danru) 3 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Ahmad Jailani mengungkapkan informasinya adanya rumah warga yang terancam ambruk beredar di media sosoal pada Rabu (21/12/2022) pagi.

BACA : Rumah Dua Tingkat di Tepi Sungai Kelayan Ambruk, Tak Ada Korban Jiwa

“Sekitar pukul 01.30 Wita atau dini hari dilaporkan keretakan pada bagian dinding rumah ini cukup parah. Mengantisipasi kejadian ambruknya rumah, para penghuni langsung dievakuasi,” ucap Jailani kepada jejakrekam.com, Rabu (21/12/2022).

Proses pengosongan rumah serta evakuasi para penghuni berlangsung cukup lancar. Rumah itu dihuni 1 kepala keluarga (KK) dengan 4 jiwa. Yakni, Safriah (61 tahun), Muhammad Anis (24 tahun), Ahmad Mustofa (20 tahun) dan Nabila (6 tahun). “Untuk sementara waktu, para penghuni diinapkan di rumah ketua RT setempat,” kata Jailani.

BACA JUGA : Ada 6 Faktor Picu Ambruknya Rumah Mewah Gatot Subroto, Pakar : PBG Harus Selektif

Menurut dia, dari penelusuran di lapangan, dugaan sementara penyebab retak-retaknya dinding rumah akibat tiang bawah patah serta terdampak abrasi dari lahan yang beberapa waktu lalu dilanda banjir rob.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin Husni Thamrin mengungkapkan bangunan rumah berlantai dua yang terancam ambruk, karena kondisinya mengalami keretakan, terutama di bagian dinding.

“Proses evakuasi sudah kami lakukan demi keamanan dan keselamatan para penghuni rumah,” ucap Husni Thamrin.

BACA JUGA : Prak!!! Rumah Mewah Ambruk di Gatot Subroto, Ini Analisis Ahli Konstruksi

Untuk lebih detailnya, Husni mengatakan BPBD juga telah berkoordinasi dengan tim ahli dari Dinas PUPR Kota Banjarmasin guna mengetahui penyebab pastinya, keretakan pada bagian dinding dan patahnya pondasi rumah tersebut.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.