Logo Hari Jadi ke-57 Kabupaten Tabalong Resmi Dirilis, Ini Makna Terkandung di Dalamnya!

0

BUPATI Tabalong, H Anang Syakhfiani menyampaikan logo resmi Hari Jadi (harjad) ke -57 Kabupaten Tabalong yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2022.

DALAM penjelasannya, Bupati Anang Syakhfiani mengungkapkan dalam logo Harjad ke-57 Kabupaten Tabalong terdapat beberapa unsur.

“Ada beberapa unsur yang terdapat dalam logo harjad ke-57 Kabupaten Tabalong ini di antaranya Tugu Obor dan Tugu Taman Giat Tanjung,” ujar Bupati Anang Syakhfiani dalam jumpa pers terkait rencana pelaksanaan Harjad ke-57 Kabupaten Tabalong di Tanjung, belum lama tadi.

Menurut dia, makna yang terdapat dalam logo Harjad Tabalong ke-57 tahun 2022 ini transparansi di setiap angka tidak tertutup atau diblok. Hal ini menunjukan bahwa ke depan Kabupaten Tabalong menjadi kabupaten yang penuh keterbukaan dan dinamis sebagai serambi Kalimantan Selatan (Kalsel) penyangga Ibukota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur.

BACA : Perkuat Usulan Bupati Anang, Komisi V DPR RI Siap Golkan Jalan Tol Banjarmasin-Tabalong-IKN

Menurut Anang Syakhfiani, logo yang dibuat oleh tim kecil di Protokol Setda Kabupaten Tabalong ini bersifat futuristik.

“Yang artinya, kami menatap masa depan itu secara terbuka, atau penuh dengan keterbukaan,” ujar bupati dua periode ini.

Menurut dia, jika angka 7 diblok, tentu mengandung arti bahwa daerahnya tidak bisa melihat masa depan dengan keterbukaan dan dinamis. Adapun warna lebih menunjukkan dinamika Kabupaten Tabalong.

BACA JUGA : Walikota Samarinda Puji Kontribusi KKT, Bupati Tabalong Siap Jalin Kerjasama Sebagai Penyangga IKN

“Logo tersebut  dibuat oleh tim kecil yang ada di Prokim Setdakab Tabalong, tapi tahun depan dapat saya pastikan akan kita sayembarakan dan pesertanya khusus dari media,” beber Anang Syakhfiani.

Terkait dengan logo yang merupakan landmark dari Kabupaten Tabalong ini terdiri dari Tugu Tanjung Puri (Obor) dan Tugu Taman Kota Tanjung. Sedangkan, kata dia, untuk ornamen diambil dari ornamen Dayak, karena Kabupaten Tabalong menjadi tuan rumah dari Tabalong Etnik Festival (TEF) yang dipadukan dengan ornamen batik Tabalong.

BACA JUGA : Jadi Penyangga IKN, Bupati Tabalong Usulkan 4 Program Infrastruktur ke Komisi V DPR RI

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Tabalong Arianto mengatakan banyak kegiatan yang akan digelar dalam perayaan Harjad Kabupaten Tabalong tahun 2022 ini.

“Berbagai kegiatan akan digelar, ada yang digelar oleh Pemkab Tabalong secara resmi. Adapula yang digelar oleh setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Ada juga yang digelar oleh masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA : Terdekat dengan IKN, Bupati Tabalong Genjot Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Daerah

Anang menjelaskan untuk kegiatan resmi dari Pemkab Tabalong tentu akan terbackup dan terliput oleh media massa. Namun, kata dia, untuk kegiatan yang digelar oleh masyarakat kemungkinan ada yang tidak tercover oleh media massa.

“Karena itu, saya minta kepada kawan-kawan media untuk juga meliput kegiatan yang mereka gelar,” tuturnya.

Rangkaian kegiatan Harjad ke-57 Kabupaten Tabalong ini akan mulai dilaksanakan sebelum tanggal 1 Desember 2022. Kemudian, digelar hingga pekan kedua pada Desember 2022 nanti.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.