Jadi Penyangga IKN, Bupati Tabalong Usulkan 4 Program Infrastruktur ke Komisi V DPR RI

0

SEBAGAI daerah penyangga ibukota negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kaltim, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengusulkan empat program pembangunan infrastruktur di daerahnya.

USULAN ini disampaikan Bupati Anang Syakhfiani saat berdialog dengan agenda kunjungan kerja (kunker) Komisi V DPR RI dipimpin Syaifullah Tamliha di Hotel Aston Tanjung, Senin (18/4/2022).

Dalam kunker komisi bidang infrastruktur dan transportasi itu juga didampingi pejabat Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan serta Sekdaprov Kalsel Roy Rizali Anwar.

“Sebagai daerah penyangga IKN baru, Tabalong harus didukung infrastruktur yang memadai. Untuk itu, ada empat usulan untuk mendukung hal itu sebagai daerah penyangga IKN,” beber Anang Syakhfiani.

BACA : Terdekat dengan IKN, Bupati Tabalong Genjot Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Daerah

Empat infrastruktur yang dimaksud Bupati Anang Syakhfiani itu adalah pelebaran jalan daerah Mabu’un, perkembangan Bandara Warukin, Bendungan Padi Jaro 2, dan Lebak Ampukung.

“Jadi yang pertama tadi kita meninjau tentang usulan pelebaran jalan. Untuk program pelebaran jalan ini sudah kami usulkan pada tahun 2016 yang lalu. Alhamdulillah hari ini bisa dikunjungi. Tadi sudah setengah disepakati, kalau tidak tahun ini bisa juga tahun 2023,” papar Bupati Tabalong dua periode ini.

BACA JUGA : Jadi Daerah Penyangga IKN, Tabalong Punya Lahan 3.000 Hektare untuk Kawasan Industri

Mengapa jalan di wilayah Mabu’un diperlebar? Bupati Anang Syakhfiani mengatakan karena aktivitas lalu lintas di poros utama Tabalong ke daerah tetangga baik Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalteng dan Kaltim sangat padat, terutama pada jam sibuk pukul 05.00 sore hingga pukul 09.00 malam.

“Seperti d idepan Hotel Aston ini hingga fly over di pertambangan PT Adaro Indonesia, mobilisasi  angkutan pekerja tambang, angkutan semen serta belum lagi yang berlalu lalang ke Kaltim dan Kalteng akan memadati jalur tersebut,” paparnya.

BACA JUGA : Menyongsong IKN, Komisi III Dukung Pembangunan Pintu Gerbang di Ujung Tabalong

Pemkab Tabalong ditegaskan Anang Syakhfiani berharap pembangunan tahap kedua ini sampai ke fly over ataupun penambahan jalur bisa terealisasikan.

“Usulan kedua  terkait perkembangan transportasi udara di Bandara Warukin yang merupakan milik PT Pertamina. Karena disini ada tiga objek vital nasional, Pertamina, Adaro dan  Seman Conch Kalimantan. Sebagian pimpinan manajemen dan middlenya itu kalau mau keluar daerah pasti menggunakan fasilitas penerbangan yang artinya untuk prospeks ke depan bandara ini sangat bagus,” papar Anang Syakhfiani.

BACA JUGA : Dukung IKN Nusantara, Syaifullah Tamliha Usul Bandara Internasional di Kambitin Tanjung

Mengenai peran Tabalong dalam mendukung suplai pangan IKN Nusantara, Bupati Anang Syakhfiani mengusulkan agar pembangunan Bendung Jaro 2 dilanjutkan. Sebab, hingga kini pasokan pangan ke Kalteng dan Kaltim, sebagian disuplai Tabalong.

“Kami memandang penting untuk melakukan peningkatan pembangunan pertanian, hanya tinggal waiting list atau daftar tunggu aja lagi, akan tetapi kalau kita menunggu IKN pada 2024. Saya khawatir kita akan kelimpungan, karenanya hal ini perlu akselerasi pembangunan Bendung Jaro  2 ini sebelum tahun 2024,” ungkap dia.

BACA JUGA : Raker dengan Menteri PUPR, Syaifullah Ungkap Pembangunan Bendungan Riam Kiwa Digarap 2023

Usulan terakhir, beber dia, terkait pembangunan Lebak Ampukung dengan luas lahan 5.000 hektare, mempunyai potensi untuk mengantisipasi dampak banjir di Tabalong hingga ke Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

“Sebab dengan adanya lebak Ampukung ini, air akan tertampung sehingga tidak lagi turun ke HSU. Dengan potensi 5.000 hektare lebih ini,  sudah dimanfaatkan 2.400 hektar serta tenaga kerja tidak ada masalah sehingga letak ini perlu perlakuan khusus, kami mohon Kementerian PUPR, pembangunan Infrastruktur pengairannya, sehingga semuanya bisa dimanfaatkan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.