Tiga Wakil Ketua DPRD Kalsel Dijatah Sedan Lexus Mewah, Presdir BLF : Sakiti Hati Rakyat

0

JELANG berakhirnya masa penggunaan anggaran pos Sekretariat DPRD Kalsel di APBD-Perubahan Kalsel tahun 2020, menyeruak informasi jika tiga pimpinan dewan bakal menerima fasilitas mobil dinas (mobdin) mewah teranyar.

TAK tanggung-tanggung, kabarnya mobdin itu tergolong sangat mewah. Yakni, bermerek Lexus tipe RX 300 Sport, produk pabrikan Jepang itu ditaksir seharga Rp 1,8 miliar per unit. Jika ada tiga unit untuk masing-masing Wakil Ketua DPRD Kalsel berarti total uang yang digelontorkan dari APBD mencapai Rp 5,4 milliar.

Pengadaan kendaraan tersebut diduga sangat tidak tepat dilakukan saat ini. Sebab, di tengah situasi pandemi virus corona, hal itu bukanlah hal yang menjadi skala prioritas.

Presiden Direktur Borneo Law Firm, Muhamad Pazri pun menyesalkan jika rumor itu benar, karena pengadaan mobil sedan mewah itu bisa melukai perasaan rakyat Kalsel yang tengah kesulitan ekonomi, akibat hantaman pandemi virus Corona (Covid-19).

BACA : Dapat Gelar Komika Terlucu, Ketua DPRD Kalsel Janji Perjuangkan Aspirasi Rakyat

“Sebagai warga Banjarmasin dan dari Borneo Law Firman, kami meminta agar pengadaan tiga mobdin mewah untuk pimpinan DPRD Kalsel segera ditunda atau ditiadakan. Ini mengingat masih banyak kebutuhan masyarakat secara luas yang lebih prioritas,” tutur Pazri kepada jejakrekam.com, Kamis (12/11/2020).

Ia mengingatkan sebagai kontrol sosial jika ternyata pengadaan tiga unit mobdin tersebut masih dilanjutkan, hal ini menandakan lembaga DPRD Kalsel tidak berpihak kepada kepentingan masyarakat.

“Jika masih berlanjut, saya menilai bahwa DPRD kurang berpihak atas kepentingan masyarakat, serta tidak pantas disebut sebagai wakil rakyat,” cecar mantan aktivis kampus ini.

BACA JUGA : Ikut Kampanye Pilkada, Anggota DPRD Kalsel Wajib Ajukan Izin Dulu

Menurut Pazri, sebagai pimpinan DPRD Kalsel yang merupakan representasi wajah lembaga wakil rakyat justru tak elok untuk gagah gagahan mobil berkelas. “Apalagi, itu sama mengunakan fasilitas negara yang dibiayai uang rakyat. Sepatutnya, tunjukanlah kinerja apa yang selama ini dilakukan di parlemen,” cetus Pazri.

Termasuk, papar dia, apakah sudah menepati janji-janji pada saat kampenye mencalonkan diri sebagai anggota legislatif di DPRD Kalsel, saat Pemilu 2019 yang lalu.

“Kalaupun tetap ngotot juga bisa dibuat solusi seperti beberapa daerah yaitu Balikpapan, Kediri, dan Solo, memberlakukan sistem sewa pihak ketiga untuk pengadaan mobil dinas. Pola ini lebih efisien  anggaran dibandingkan pengadaan mobil baru untuk DPRD Kalsel yang menyakiti hati rakyat,” tandas Pazri.

BACA JUGA : Empat Mobdin Baru Diusulkan Dikasih Logo dan Tulisan DPRD Kalsel

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Sekretariat DPRD Kalsel, Riduansyah mengakui jika tiga pimpinan dewan akan mendapat jatah mobdin gress jenis SUVLexus tipe RX 300 Sport. Harga per unit pun mencapai Rp 1,8 miliar, sehingga total uang yang dikeluarkan lewat DPA Perubahan Tahun anggaran 2020 segede Rp 5,4 miliar.

Riduansyah berdalih pengalokasian anggaran itu sesuai dengan permintaan dari pimpinan DPRD Kalsel, terutama di pos sekretariat dewan.

Bahkan, pengadaan mobil dinas baru itu sudah diproses melalui tender di Unit Pengadaan Sekretariat Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kalsel. Hingga, telah dilakukan verifikasi pemenang tender. Pemenang tender tiga mobdin mewah itu adalah PT Kana dari Semarang, Jawa Tengah.

BACA JUGA : Kendati Mobil Dinas Ditarik, Penghasilan Wakil Rakyat Bertambah

“Karena ada pemenang tender, maka tahapan selanjutnya, kami bersama pokja atau panitia lelang langsung mengecek ketersediaan barang itu. Mobilnya sudah ada di Jalan Proklamasi Nomor 18 Jakarta. Barang itu diadakan APTM PT Toyoya Astra Lexus Indonesia sebagai pendukung pemenang tender,” papar Riduansyah.

Usai dicek, nantinya barang itu akan dikirim pada November ini ke Banjarmasin guna diserahterimakan. Diperkirakan pada 20 November akan dikirim ke Banjarmasin, sehingga pada akhir bulan dan awal Desember 2020 bisa diserahterimakan ke pengguna.(jejakrekam)

Pencarian populer:Mobdin bupati lexus
Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.