Resmi Diusung Golkar-Nasdem di Suksesi HST, Saban Effendi Jajaki Koalisi Besar

0

LANGKAH H Saban Effendi berduet dengan Habib Abdillah Alydrus untuk berlaga dalam pemilihan Bupati-Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) makin mulus. Ini menyusul, dua parpol secara resmi mengusungnya dalam suksesi HST 2020 mendatang.

DUA parpol yang resmi mengusung Wakil Ketua DPRD HST bersama Kepala Cabang Bank Kalsel Barabai ini setelah keduanya resmi menerima surat penetapan dari DPP Partai Golkar dan DPP Partai Nasdem.

Kalkulasinya, enam kursi milik Golkar plus empat kursi Nasdem di DPRD HST hasil Pemilu 2019, berarti ada 10 kursi parpol pengusung. Sedangkan, di DPRD HST hanya mensyaratkan minimal 6 kursi.

Penyerahan SK DPP Partai Golkar dikabarkan berlangsung di Jakarta, Minggu (12/7/2020, diserahkan Ketua Umum Golkar Arilangga Hartarto didampingi Koordinator Wilayah Badan Pengendalian dan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar Kalimantan Selatan 1, Bambang Heri Purnama.

BACA : Tunggu Rekapitulasi, Jumlah Dukungan Empat Bakal Calon Independen di HST Terus Divalidasi

Dikonfirmasi jejakrekam.com, Minggu (12/7/2020), H Saban Effendi membenarkan dirinya bersama Habib Abdillah telah mengantongi surat dukungan resmi dari DPP Partai Golkar dan Partai Nasdem.

“Dua parpol ini sudah memberikan dukungannya secara resmi kepada kami. Hitungannya, ada 10 kursi yang menjadi parpol pengusung kami di Pilkada HST 2020 mendatang,” ucap Saban Effendi.

Ketua DPD Partai Golkar HST ini menegaskan walau sudah mengantongi 10 kursi parpol pengusung, dirinya tetap melakukan penjajakan politik dengan parpol lain.

BACA JUGA : Nasdem Rekomendasikan H Saban Effendi-Habib Abdillah Al–Idrus di Pilbup HST

Ia tak menepis ingin membangun koalisi besar untuk maju berlaga sebagai calon Bupati-Wakil Bupati HST bersama partnernya, Habib Abdillah.

“Semoga parpol lain bisa bergabung dalam koalisi Partai Golkar dan Nasdem di HST. Memang, kursi dua parpol ini sudah lebih cukup untuk mendaftar sebagai pasangan calon ke KPU HST. Tapi, kami tetap menginginkan banyak parpol yang bergabung di koalisi ini,” tutur Saban.

BACA JUGA : Disebut Masuk Parpol Pengusung Saban-Habib Didil, PPP Membantah

Dalam surat laporan yang dibuat DPD Partai Golkar Kalsel diteken Ketua Golkar Kalsel Sahbirin Noor dan sekretarisnya, Adi Kartika dijelaskan tak hanya Golkar dan Nasdem. Namun, juga Partai Berkarya dengan satu kursi dan Partai Gerindra 8 kursi juga dibidik jadi parpol pengusung.

Sementara itu, dalam surat DPP Partai Nasdem yang diteken Ketua Koordinator Pemenangan Pemilu Prananda Surya Paloh dan Wakil Ketua Umum, Ahmad HM Ali menegaskan rekomendasi pusat untuk mengusung duet Saban-Habib Abdillah (Didil) di Pilkada HST 2020.

BACA JUGA : Golkar Sudah Umumkan ‘Sang Jago’, PDIP Tunggu Keputusan Megawati Soekarnoputri

Ini berdasar hasil penjaringan dan penyaringan yang dilakukan DPP Partai Nasdem dalam suratnya bernomor 075-S1/RP/DPP-NasDem/III/2020, tertanggal 5 Maret 2020 ditujukan kepada Ketua DPW Partai Nasdem Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Balsyi/Didi GS
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.