Tunggu Rekapitulasi, Jumlah Dukungan Empat Bakal Calon Independen di HST Terus Divalidasi

0

PEREBUTAN kursi Bupati-Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) terbilang sangat dinamis dalam percaturan politik Kalimantan Selatan. Ini sesuai ‘tradisi’ Pilkada HST kerap banyak diikuti kontestan yang berlaga.

HINGGA kini, terdata ada empat bakal pasangan calon dari jalur perseorangan yang tengah mengikuti tahapan verifikasi faktual, usai dinyatakan lulus pada tahap verifikasi administrasi oleh KPU HST.

Empat bakal petarung dari jalur non parpol itu itu adalah Faqih Jarjani-Abu Yazid Bustomi bermodal 25.754 syarat dukungan. Namun, usai diverifikasi KPU setempat terdapat 25.610 memenuhi syarat (MS) dan 144 tidak memenuhi syarat (TMS) dengan sebaran 11 kecamatan.

Kontestan lainnya adalah duet putra mantan Bupati HST Saiful Rasyid, H Aulia Oktafiandi bersama mantan anggota DPRD Kalsel asal Golkar Mansyah Sabri dengan 23.717 dukungan, dinyatakan MS 23.714 lembar dan TMS hanya 3, tersebar di 11 kecamatan.

BACA : Generasi Muda PPP Minta Aditya Mufti Ariffin Bisa Maju Mencalon di Pilkada HST

Peserta lainnya, dosen FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Muslih Amberi-Andi Mahmudi dengan 24.953 dukungan, ada 24.830 dinyatakan MS dan 123 TMS, tersebar di 11 kecamatan.

Terakhir,  mantan Sekdakab HST Ahmad Tamzil-Mohamad Ilham Effendhy menyodorkan 26.747 berkas dukungan, ada 26.731 dinyatakan MS dan 246 TMS dengan sebaran 11 kecamatan.

Ketua KPU HST Johransyah mengakui saat ini masih dalam tahapan verifikasi faktual di lapangan dilakukan PPS dan PPK di 11 kecamatan.

“Sesuai tahapan verifikasi faktual ini dimulai pada 24 Juli dan berakhir pada 12 Juli 2020. Jadi, masih dalam tahap rekapitulasi, tentu saja jumlah dukungan dari empat bakal pasangan calon jalur perseorangan akan berubah atau berkurang dalam proses validasi,” kata Ketua KPU HST Johransyah kepada jejakrekam.com, Jumat (3/7/2020).

BACA JUGA : Direkomendasi Gerindra, Berry-Tajudin Bersaing dengan Tiga Pasangan Cabup-Cawabup HST

Ia belum bisa memastikan berapa jumlah pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada HST 2020, baik dari jalur independen maupun usungan parpol.

“Kami belum memastikan itu. Nanti, lihat saja saat pembukaan pendaftaran pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati HST pada September nanti akan kelihatan berapa calon yang akan berlaga di pilkada,” kata Johransyah.

Sekadar mengingatkan, pada Pilkada HST 2015 lalu, ada tiga pasangan calon bertarung. Even ini pun dimenangkan pasangan H Abdul Latif-HA Chairansyah dengan raupan 69,39 persen suara, mengalahkan kubu incumbent, Harun Nurasid berpasangan dengan Aulia Oktafiandi hanya 34,89 persen suara. Sedangkan, petarung independen, Andi Mahmudi-Anwar Effendi hanya mengumpulkan 4,73 persen suara.

BACA JUGA : Sediakan APD Petugas, KPU-Bawaslu Kalsel Minta Tambahan Dana Rp 5,5 Miliar

Sementara itu, pada Pilkada HST 2010, ada lima pasang calon berkontestasi. Yani, Muslih Amberi-Faried Fakhmansyah, H Abdul Hakim Halim-Assefah Riffay, Mansyah Sabri-dr Muhammad Asnal, Subhan Saputra-Attahillah Hasbi dan sang pemenang, Harun Nurasid-Faqih Jarjani.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.