ACT

Golkar Sudah Umumkan ‘Sang Jago’, PDIP Tunggu Keputusan Megawati Soekarnoputri

0 4.099

PARTAI Golkar sudah tancap gas menyongsong perhelatan pesta demokrasi lima tahunan di Kalimantan Selatan pada 2020 mendatang.

PARPOL pemenang Pemilu 2019 di Kalsel ini pun sudah merekomendasikan nama pasangan bakal calon yang akan diusung ke DPP Partai Golkar.

Untuk Pilgub Kalsel, Golkar mendampuk duet petahana, Gubernur Sahbirin Noor (Paman Birin) berpasangan dengan mantan Walikota Banjarmasin H Muhidin yang juga Ketua DPW PAN Kalsel.

Sedangkan, di Pilwali Banjarmasin diusung pasangan Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie bersama pengusaha muda Hasnur Group, H Yuni Abdi Nur Sulaiman. Begitupula, di Banjarbaru, diusung incumbent, Walikota Nadjmi Adhani-Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan.

BACA : Jika PDIP Berani Usung Kader, Dinamika Pilgub Kalsel Jauh Lebih Menarik

Di pemilihan Bupati-Wakil Bupati Banjar, diusung pasangan H Rusli bersama Rais Syuriah PCNU Banjar KH Muhammad Fadlan Asyari (Guru Fadlan). Di Balangan, Golkar memilih sang petahana, Bupati Ansharuddin berpasangan dengan Ketua DPC PKS Balangan, M Noor Iswan.

Sedangkan, di Pilbup Hulu Sungai Tengah (HST), didukung duet Wakil Ketua DPRD Saban Effendi bersama Habib Abdullah Alydrus (Kepala Cabang Bank Kalsel Barabai).

Langkah serupa juga diberikan Golkar untuk sang incumbent, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus bermitra dengan kader Golkar, Andi Rudi Latif di Pilbup Kotabaru 2020.

BACA JUGA : Bakal Diusung Golkar-PDIP?Haris Makkie Nyatakan Diri Siap Mencalon Jadi Walikota Banjarmasin

Lantas bagaimana dengan PDIP yang merupakan parpol pemenang ketiga Pemilu 2019 di Kalsel? Ternyata, partai banteng moncong putih ini justru belum bereaksi atas konfigurasi bakal jago yang diusung Golkar.

Sekretaris DPD PDIP Kalsel M Syarifudin memilih irit bicara ketika dikonfirmasi soal langkah PDIP yang akan mengusung nama-nama ‘petarung’ di pilkada serentak pada 9 Desember mendatang.

“Yang sudah hanya ada tiga pilkada yang keluar rekomendasi,” ucap Bang Dhin- sapaan akrabnya kepada jejakrekam di Banjarmasin, Jum’at (3/7/2020).

Menurut Wakil Ketua DPRD Kalsel ini, untuk daerah lain masih dalam proses di tingkat DPP PDIP. Ia menyebut jika tidak ada aral melintang, DPP PDIP yang dikomando Megawati Soekarnoputri dan bersama sekjennya, Hasto Kristiyanto akan mengumumkan surat rekomendasi pilkada serentak pada Juli atau Agustus mendatang.

Sekadar mengingatkan pada Februari 2020 lalu, DPP PDIP telah merekomendasikan tiga calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kalsel.

BACA JUGA : PAN-Nasdem Mengusung, Golkar Siap Deklarasikan Duet Paman Birin-Muhidin pada Agustus Nanti

Ketiga pasangan tersebut di antaranya, anggota DPR RI asalPDIP Syafruddin H Maming alias Cuncung berpasangan dengan Andi Rudi Latif yang berlaga di pemilihan Bupati-Wakil Bupati (Pilbup) Tanah Bumbu.

Selain itu, ada nama Ketua DPW PPP Kalsel HM Aditya Mufti Ariffin-Ahmad Rifani Iwansyah yang berlaga di pemilihan Walikota-Wakil Walikota Banjarbaru, meski belakangan ternyata Aditya yang akrab disapa Ovie justru memilih undur diri.

Berikutnya, nama anggota DPR RI yang juga Ketua DPW PKB Kalsel Zairullah Azhar berpasangan dengan Ketua DPC PDIP Kotabaru Zulkipli yang berlaga di Pilbup Kotabaru 2020.

BACA JUGA : Survei Internal Belum Kelar, PDIP Belum Berani Sebut Nama Jago

Untuk diketahui, PDIP sendiri memiliki 8 kursi di DPRD Kalimantan Selatan hasil Pemilu 2019, bersaing dengan Partai Gerindra. Sementara, ada dua nama kader banteng yang mencuat sebagai bakal kandidat berdasar hasil survei internal PDIP sendiri, yakni mantan Wakil Gubernur Kalsel HM Rosehan Noor Bachri yang juga anggota DPRD Kalsel, serta Ketua Umum Hipmi Mardani H Maming sekaligus Ketua DPD PDIP Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.