Truk Amblas di Jalan HKSN, Lubang Bekas Galian Pipa PAM Bandarmasih Kembali Makan Korban

0

TRUK pengangkut material untuk toko bangunan kembali amblas di ruas Jalan HKSN, persis di bekas galian pipa milik PT Air Minum (PAM) Bandarmasih, Jumat (8/12/2023) pagi.

INSIDEN ini mengulang kejadian serupa yang membuat ruas Jalan HKSN yang menghubungkan Jalan AMD Permai dan Alalak Utara, sempat mengalami kemacetan.

Pemilik toko bangunan di Jalan HKSN- AMD Permai, Andre mengaku truk yang mengangkut bata ringan amblas persis di lubang bekas galian pipa PAM Bandarmasih, depan Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara.

“Lubang bekas galian ini ditutup asal-asalan, lembek dan licin. Waktu mau berbelok ke Jalan AMD Permai dari arah Jalan HKSN, truk kami terperosok kena lubang yang ditutup hanya dengan tanah merah dan batu kerikil,” ucap Andre kepada jejakrekam.com, Jumat (8/12/2023).

BACA : Truk Sempat Amblas Macetkan Lalu Lintas, Bekas Galian Pipa PAM Bandarmasin Bikin Jalan HSKN Rusak

Warga Alalak Tengah ini mengatakan insiden truk yang amblas mengulang kejadian serupa, ketika bekas galian pipa PAM Bandarmasih tidak ditutup permanen. Truk pengangkut bata ringan ini amblas sekira pukul 11.00 Wita, baru bisa selesai hingga pukul 12.30 Wita atau satu jam lebih.

“Kami protes. Gara-gara bekas galian pipa ini menganggu aktivitas perekonomian dan keseharian warga,” kata Andre.

Menurut dia, sepatutnya PAM Bandarmasih bertanggung jawab atas kejadian ini, karena yang dirugikan adalah masyarakat. Seperti terpaksa harus membayar tambahan biaya untuk jasa imbal atau bongkar muat ulang.

BACA JUGA : Kok, Truk Tambun Bisa Masuk ke Sei Andai, Dishub Banjarmasin Janji Beri Sanksi Tegas

Truk milik toko bangunan ini harus memanggil jasa pikap untuk memindahkan bata ringan agar muatan dari truk yang amblas itu bisa terangkut dan ringan. “Padahal yang kami bawa ini hanya bata ringan dan tidak melebihi batas muatan sesuai kelas jalan,” ucap Andre.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Kota Banjarmasin Hendra mengatakan insiden truk amblas gara-gara melintas di bekas galian pipa PAM Bandarmasih terus berulang. Seperti kejadian di ruas Jalan Padat Karya, Sungai Andai, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : Diyakini Ada Korban, Labrak RTBL PAM Bandarmasih Bisa Dipidana Akibat Bongkar Jalan HKSN

“Sudah berulang kali kami mengingatkan agar bekas galian itu ditutup sesuai standar, akhirnya karena dikerjakan asal-asalan memakan korban. Untung saja, tidak ada korban jiwa dalam kejadian semacam itu,” tutur Sekretaris Fraksi PKS DPRD Banjarmasin ini.

Menurut Hendra, selama ini pengerjaan galian pipa terlebih lagi membongkar fasilitas publik seperti jalan tidak pernah berkoordinasi, sehingga masyarakat yang dirugikan sebagai pengguna jalan.

“Oke berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kota Banjarmasin, tapi faktanya di lapangan penggalian tanah dan penutupan bekas galian pipa itu jangan asal,” kata Hendra.

BACA JUGA : Janji Kembalikan Seperti Semula, Proyek Galian Pipa Jalan HKSN Ditarget Rampung Desember Nanti

Direncanakan, Komisi III DPRD akan memanggil Kepala Dinas PUPR Banjarmasin Suri Sudarmadiyah dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat terkait dengan keluhan warga atas pembongkaran atau penggalian Jalan HKSN.

“Rencananya, pada 10-11 Desember 2023 nanti kami minta penjelasan dari Dinas PUPR, termasuk soal program strategis ke depan. Masalah penggalian pipa PAM Bandarmasih, sekali lagi jangan sampai merugikan masyarakat, meski tujuannya baik untuk kelancaran distribusi air bersih,” pungkas Hendra.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.