Tahun Ini Formasi CPNS Banjarmasin Dipastikan Lebih Dari 300

0

PADA tahun 2024 ini, pendaftaran CPNS diperkirakan akan lebih dari 300 formasi, dan juga akan dibuka pendaftaran untuk PPPK.

NAMUN, Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKD)Kota Banjarmasin masih belum bisa untuk memastikan secara rinci berapa jumlah kuota untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang tersedia. Pasalnya hingga kini masih mengumpulkan berkas usulan dari dinas.

Kepala BKD Diklat Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto, hanya dapat memastikan, bahwa penerimaan CPNS tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu.

BACA: Terdata 700 dari 3.000 Orang, Pemkot Banjarmasin Tunggu Kebijakan Penghapusan Tenaga Honorer

Disebutkannya, jumlah ASN yang akan pensiun di Tahun 2023, sebanyak 300 orang. Tentunya kekosongan pegawai ini tersebar di berbagai SKPD, dan harus diisi menyesuaikan posisi mana mereka pensiun.

“Jika Tahun 2023 CPNS hanya mencapai 270 orang, maka Tahun 2024 ini kemungkinan besar ada 300 lebih, menyesuaikan mengganti yang pensiun ditambah usulan dari SKPD,: ujar Totok di Balai Kota, Sabtu (20/1/2023).

Dirinya yakin, jumlah formasi lebih dari tahun lalu, namun masih menunggu kebijakan pemerintah pusat yang akan dikeluarkan setelah berkas pengusulan dari Pemkot Banjarmasin diserahkan.

Dikatakan Totok, bahwa pihaknya kini masih proses menunggu pengumpulan berkas usulan dari SKPD. Dari jumlah usulan itu, nanti bisa dilihat berapa keseluruhan kebutuhan pegawai di Tahun 2024 ini.

BACA JUGA: Cerita Ratna, Guru Honorer SMPN 13 Banjarmasin yang Kini Diangkat Jadi PPPK

“Setiap SKPD usulan formasinya berbeda-beda dan berkasnya itu kita tunggu paling lambat 31 Januari ini. Setelah terkumpul datanya, kita rangkum dan kita usulkan ke Kementrian PAN RB, dan menunggu keputusan pusat,” ucapnya.

Totok juga menyatakan, bahwa penerimaan PPPK tahun ini juga bakal lebih banyak lagi bila dibanding Tahun 2023 lalu. Namun sama, ia tidak bisa menyebut berapa jumlahnya, hanya saja ia menginformasikan bahwa rekrutmen PPPK diprioritaskan untuk yang sudah honorer di Pemkot Banjarmasin. Jumlah rekrut PPPK juga lebih banyak ketimbang CPNS.

Kemudian, pembukaan pendaftaran CPNS itu rencananya akan dimulai April mendatang, sementara untuk PPPK di bulan Juni. “Pendaftaran akan dibuka April untuk PNS tapi PPPK bulan Juni. Ini masih usulan, belum ditetapkan Menpan,” tegasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.