Janji Kembalikan Seperti Semula, Proyek Galian Pipa Jalan HKSN Ditarget Rampung Desember Nanti

0

WARGA pengguna jalan di ruas Jalan HKSN, Banjarmasin Utara diminta bersabar. Proyek penggalian tanah untuk penanaman pipa PT Air Minum (PAM) Bandarmasin ditarget rampung pada pertengahan Desember 2023.

KELUHAN warga khususnya pengguna jalan akibat bekas galian pipa yang meninggalkan lubang dan aspal yang bergelombang direspon jajaran direksi pabrik air milik Pemkot dan Pemprov Kalsel tersebut.

Direktur Operasional PAM Bandarmasih, Edwarsyah mengungkapkan proyek galian tanah merupakan program penambahan pipa distribusi baru berdiameter 315 milimeter (mm) dan 160 mm.

“Sepanjang 2,100 meter untuk pipa ukuran 315 mm. Penggalian jalan di Jalan HKSN sepanjang 750 meter untuk pipa distribusi air berdiameter 160 mm,” ucap Edwarsyah kepada awak media di Banjarmasin, Kamis (30/11/2023).

Menurut Edwarsyah, penambahan jaringan pipa baru di kawasan Banjarmasin Utara itu guna menopang peningkatan daya distribusi air bersih di kawasan Alalak dan sekitarnya.

BACA : Jalan HKSN Bakal Diperlebar Terbentur Keberadaan Tiang Listrik PLN

“Pemasangan jaringan pipa baru guna mengatasi kehilangan air atau kebocoran. Sebab, saat ini sudah 40 persen pada jalur distribusi air yang tercover di kawasan itu,” katanya.

Menurut Edwar, hingga per Kamis (30/11/2023), progres pengerjaan galian pipa di lapangan sudah mencapai 74 persen. “Ditargetkan akan selesai pada pertengahan bulan depan. Ya, sekitar tanggal 15 Desember nanti,” ujarnya.

Edwar menjelasakan alasan proyek galian pipa dilakukan di tengah jalan atau median jalan, dikarenakan pada bahu kanan dan kiri sudah dipenuhi instalasi jaringan pipa milik PAM Bandarmasih dan Perumda PAL Domestik Banjarmasin.

BACA JUGA : Jaringan Utilitas Kota Seperti Jemuran, Pengamat Nilai Pemkot Banjarmasin Tak Pernah Tegas Tegakkan Aturan

“Baik itu pipa milik PAM Bandarmasih Pipa limbah milik PAL, termasuk kabel jaringan komunikasi. Jadi sudah tidak ada space lagi untuk pengerjaan di bagian pinggir jalan,”

Mengenai perbaikan jalan bekas galian, Edwar memastikan akan seperti kondisi semula. “Kami sudah berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Dinas PUPR Kota Banjarmasin.  Kami pastikan aspal atau badan jalan kembali seperti semula, paling tidak mendekati kondisi yang ada,” tuturnya.

BACA JUGA : Truk Sempat Amblas Macetkan Lalu Lintas, Bekas Galian Pipa PAM Bandarmasin Bikin Jalan HSKN Rusak

Dia meminta agar warga dan pengguna jalan, khususnya masyarakat sekitar Jalan HKSN bersabar hingga menunggu proyek penggalian dan pemasangan pipa distribusi bawah tanah itu bisa rampung sesuai target.

“Sebab, dalam proyek semacam itu memang ada konsekuensinya. Hal ini semata-mata kami lakukan demi memenuhi kebutuhan distribusi air bersih bagi masyarakat,” pungkas Edwar.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.