Truk Sempat Amblas Macetkan Lalu Lintas, Bekas Galian Pipa PAM Bandarmasin Bikin Jalan HSKN Rusak

0

HAMPIR dua pekan ini, warga melintas di ruas Jalan HKSN yang menghubungkan Jalan Kuin Utara-Kuin Selatan dan Jalan Perdagangan serta Jalan Alalak Utara, mengeluhkan kondisi jalan yang kian rusak.

GARA-garanya adalah penggalian yang dilakukan petugas PT Air Minum (PAM) Bandarmasih persis berada di media jalan. Akibatnya, truk sempat amblas, bahkan lubang yang hanya ditumpuk batu kerikil juga membahayakan pengguna jalan.

Kondisi ini dikeluhkan warga, karena terkesan petugas lapangan yang diturunkan pabrik air itu membiarkan lubang menganga sepanjang jalan. Kian parah saat memasuki musim penghujan, membuat ruas jalan itu tergenang.

“Pengerjaan penggalian tanah kemudian ditanam pipa itu sangat mengganggu. Apalagi dikerjakan saat arus lalu lintas ramai. Jalan sudah bagus eh malah dirusak dengan sengaja, seperti buang-buang anggaran saja,” keluh Hambali, pengguna jalan kepada jejakrekam.com, Rabu (29/11/2023).

BACA : Pipa PDAM Sering Bocor, Pakar Kota ULM: Usia Pipa Sudah Tidak Ideal

Menurut dia, aktivitas penggalian jalan persis berada di tengah jalan sepanjang 1,5 kilometer dan lebar sekitar hampir 1 meter dari turunan Jembatan HKSN-Patih Masih hingga perempatan Jalan Perdagangan. Jika ditutup, hanya dengan batu split atau tanah merah, meski diaspal juga membuat permukaan jalan bergelombang, tidak seperti sedia kala.

“Truk sudah pernah amblas persis di titik lubang galian. Bikin macet dan jalan makin rusak serta genangan air sehabis turun hujan,” kata Hambali.

Senada Hambali, Ica juga mengeluhkan kondisi ruas Jalan HKSN yang penuh ‘jebakan’ akibat galian pipa PAM Bandarmasih. “Padahal, jalan ini sudah mulus dalam beberapa tahun, eh tiba-tiba digali. Awalnya, kami mengira jalan ini mau ditinggikan aspal, ternyata malah ada galian,” kata Ica, kesal.

BACA JUGA : Kok, Truk Tambun Bisa Masuk ke Sei Andai, Dishub Banjarmasin Janji Beri Sanksi Tegas

Menurut dia, sudah banyak pengendara motor yang terjatuh gara-gara kena bekas galian yang rata dengan permukaan aspal jalan.

“Apalagi kalau malam saat arus lalu lintas padat, bekas galian pipa PAM Bandarmasih ini sangat mengganggu. Terlebih lagi, pada malam hari, apa harus menunggu korban jiwa dulu baru ditutup mulus seperti sedia kala?” cecar Ica.

Ramli juga kesal. Warga Kuin Utara ini mengaku jalan yang sudah mulus, tiba-tiba saja dibongkar oleh PAM Bandarmasih tanpa pemberitahuan. Dengan menurunkan alat berat serta truk-truk yang menghalangi akses jalan.

BACA JUGA : Penyertaan Modal yang ‘Digantung’ Tak Dibahas, RUPS Luar Biasa PAM Bandarmasih Godok RKA 2023

Untuk diketahui, ruas Jalan HKSN ini telah direhabilitasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin pada 2020. Dengan pagu anggaran Rp 4,9 miliar, perbaikan dan pengaspalan Jalan HKSN masuk paket 3 itu digarap kontraktor pelaksana; CV Sari Alam Utara dengan nilai kontrak Rp 4,38 miliar lebih bersumber dari APBD Banjarmasin tahun 2020.

Staf Humas PT AM Bandarmasih, Agus Rifani saat dikonfirmasi hanya menjawab bahwa akan ada pengaspalan pada bekas galian pipa di ruas Jalan HKSN.

”Mohon izin untuk rencana pengaspalan dijadwalkan besok (Kamis, 29/11/2023). Nanti dikabari lagi, sembari menunggu tim dari lapangan,” kata Agus.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.