Upayakan Atasi Inflasi, Pemkot Banjarmasin Teken MoU dan Siapkan Pasar Murah Di Penghujung Tahun

0

PENANDA tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar daerah, dalam rangka menurunkan angka inflasi, masih dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Banjarmasin.

BERSAMA dengan Pj Bupati Kabupaten Brebes Urip Sihabudin, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersepakat berkerja sama dalam rangka penurunkan angka inflasi, Kamis (30/11/2023).

Kerjasama pemenuhan komoditas bahan pokok berupa bawang merah itu, dilaksanakan di Kantor Pemerintah Terpadu Kabupaten Brebes.

BACA: Target Gelar 20 Kali Pasar Murah, Walikota Ibnu Sina Sebut Laju Inflasi Banjarmasin Terus Turun

Menurut H Ibnu Sina, kerjasama ini dilaksanakan agar lonjakan akibat kelangkaan bahan pokok terutama jenis bawang merah tidak terjadi di Kota Banjarmasin. “Kita sudah menandatangani MoU antar daerah, kegiatan ini untuk pengendalian inflasi khususnya komoditas bawang merah di pasar Kota Banjarmasin,” jelasnya.

Ibnu Sina berharap, dengan adanya MoU tersebut, menjelang tutup Tahun 2023, tidak terjadi lonjakan harga bawang merah akibat kurangnya stok. “Mudah-mudahan tidak terjadi inflasi dari komoditi bawang merah,” harapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin berharap, dengan adanya kegiatan MoU tersebut, dampak inflasi di Kota Brebes dan di Kota Banjarmasin dapat diatasi.

“Saya kira permasalahan di Kota Banjarmasin maupun di Kabupaten Brebes hampir sama, kita juga perlu dukungan agar kebutuhan-kebutuhan barang yang ada di Kota Banjarmasin bisa mengurangi dampak Inflasi di Kabupaten Brebes,” katanya.

Upaya lain yang dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam rangka menurunkan angka inflasi adalah dengan menggelar operasi pasar murah.

BACA JUGA: Pemerintah Kota Upayakan Angka Kemiskinan Dan Inflasi Banjarmasin Turun

Disebutkan, di Bulan Desember 2023 ini, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin telah menyiapkan 15 event pasar murah yang akan digelar di berbagai wilayah lingkup Kota Banjarmasin.

“Untuk Bulan Desember nanti masih ada sekira 15 kegiatan operasi pasar yang akan kami laksanakan di 15 kelurahan,” ungkap Kadis Perdagin Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar.

Dijelaskan Ichrom Muftezar, saat kegiatan pasar murah nanti komoditas yang disiapkan pihaknya berupa beras, minyak goreng dan gula pasir. “Khusus untuk beras, kami juga menyiapkan dua kategori, yakni beras SPHP dan beras premium. Kemudian komuditas lainnya adalah minyak goreng dan gula pasir,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Prokom Banjarmasin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.