Habiskan 2 Tahun Anggaran Capai Rp 39,1 Miliar, Gedung Baru DPRD Banjarmasin Diresmikan

0

MENELAN dana puluhan miliar dibangun sejak 2022 dan rampung pada medio 2023, akhirnya gedung baru DPRD Kota Banjarmasin di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, diresmikan pada Kamis (21/7/2023).

MENGENAKAN busana ala Raja Banjar, 45 anggota DPRD Kota Banjarmasin kompak pakai baju taluk balanga putih dibalut setelan jas tutup hitam dengan laung bercorak sasirangan biru.

Empat pimpinan DPRD Kota Banjarmasin dikalungkan rangkaian bunga melati saat memimpin rapat paripurna istimewa peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-497 tahun.

Sementara, Walikota Ibnu Sina bersama Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor mengenakan baju adat taluk balanga krem dengan laung merah.

Rangkaian rapat paripurna istimewa Harjad Banjarmasin ke-497 tahun dipimpin Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya. Diawali dengan mendengarkan pembacaan sejarah singkat lahirnya Banjarmasin yang berawal dari Bandarmasih di masa Kesultanan Banjar dengan raja pertama, Sultan Suriansyah bertakhta di Kuin Utara oleh Wakil Ketua DPRD Banjarmasin H Muhammad Yamin.

BACA : Serap 2 Tahun Anggaran, Butuh Dana Puluhan Miliar Demi Muluskan Gedung Baru DPRD Banjarmasin

Usai rapat paripurna, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina didampingi Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya bersama pimpinan dewan lainnya memotong untaian bunga tanda peresmian gedung baru dewan di samping gedung utama, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

“Saya mengajak seluruh elemen mengenang pengabdian dan hasil karya berharga para tokoh pemimpin dan pejuang terdahulu. Mereka ini dapat menjadi sumber inspirasi dan kekuatan ke depansebagai generasi penerus dalam mewujudkan cita-cita luhur dari para pendiri Kota Banjarmasin,” ucap Ibnu Sina, dalam sambutannya.

BACA JUGA : Gedung Mewah Baru DPRD Banjarmasin Bernilai Rp 39 Miliar Rampung Jadi Kado Perpisahan?

Kepada para pimpinan dan anggota DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina mengajak untuk terus menjalin kerja sama agar terus ditingkatkan. Dalam rapat paripurna sekaligus peresmian gedung baru, dihadiri pejabat Forkopimda Koat Banjarmasin serta tamu undangan.

Untuk diketahui, gedung baru DPRD Banjarmasin dengan arsitektur Banjar modern ini menghabiskan anggaran mencapai Rp 39,1 miliar lebih bersumber dari APBD tahun 2022 dan 2023.

Proyek milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin berpagu anggaran Rp 40 miliar ini digarap kontraktor pelaksana PT Rancang Bangun Mandiri asal Jakarta.

BACA JUGA : Proyek Tugu Pal Nol Ditender Ulang, Pakar Kota : Bisa Jadi Kado Perpisahan untuk Banjarmasin

Acuan pemborong ini karena pada APBD 2021 lalu sudah digarap review detail engineering design (DED) atau rancang bangun rinci disusun PT Technikatama Jasa Konsultan dari Kandangan. Kemudian, dokumen manajemen konstruksi pembangunan gedung DPRD Kota Banjarmasin (multiyear) dikerjakan PT Winaguna Sarana Teknik dari Bandung dengan nilai kontrak Rp 1 miliar lebih bersumber dari dana APBD 2022.

BACA JUGA : Tahun Ini Dianggarkan Rp 20 Miliar, Gedung Baru DPRD Banjarmasin Dibangun Bertahap

Berdasar dokumen rancang bangun rinci, gedung baru DPRD Kota Banjarmasin bertipe arsitektur Banjar bergaya Gajah Manyusu, dilengkapi basement (areal parkir), ruang komisi, ruang kerja bagi 41 anggota plus empat pimpinan DPRD Kota Banjarmasin. Bahkan, ada pula ruang khusus media (wartawan), perpustaan dan arsip hingga ruang serbaguna.

Untuk interior, elektrikal dan perabot seperti furniture akan dialokasikan angggaran melalui pos Sekretariat DPRD Banjarmasin pada APBD Perubahan 2023.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.