Serap 2 Tahun Anggaran, Butuh Dana Puluhan Miliar Demi Muluskan Gedung Baru DPRD Banjarmasin

0

BUTUH dana puluhan miliar digelontorkan dari ‘uang rakyat’ di APBD demi memuluskan gedung baru DPRD Kota Banjarmasin di Jalan Lambung Mangkurat, bersebelahan dengan Bank Kalsel.

TAHUN 2022 ini, melalui pos anggaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin digelontorkan dana segede Rp 40 miliar untuk tahap pertama proyek tahun jamak (multiyear) 2022-2023 itu.

Usai dilelang pada 12 Mei 2022 lalu melalui LPSE Banjarmasin, proyek itu dimenangkan kontraktor pelaksana PT Rancang Bangun Mandiri asal Jakarta, dengan harga kontrak Rp 39,1 miliar lebih.

Acuan pemborong ini karena pada APBD 2021 lalu sudah digarap review detail engineering design (DED) atau rancang bangun rinci disusun PT Technikatama Jasa Konsultan dari Kandangan. Kemudian, dokumen manajemen konstruksi pembangunan gedung DPRD Kota Banjarmasin (multiyear) dikerjakan PT Winaguna Sarana Teknik dari Bandung dengan nilai kontrak Rp 1 miliar lebih bersumber dari dana APBD 2022.

BACA : Tahun Ini Dianggarkan Rp 20 Miliar, Gedung Baru DPRD Banjarmasin Dibangun Bertahap

Berdasar rancang bangun, gedung baru DPRD Kota Banjarmasin bertipe arsitektur Banjar bergaya Gajah Manyusu, dilengkapi basement (areal parkir), ruang komisi, ruang kerja bagi 41 anggota plus empat pimpinan DPRD Kota Banjarmasin. Bahkan, ada pula ruang khusus media (wartawan), perpustaan dan arsip hingga ruang serbaguna.

“Saat ini, baru terealisasi 50 persen bangunan gedung tambahan DPRD Kota Banjarmasin di Jalan Lambung Mangkurat. Jadi, proyek ini dilanjutkan lagi pada tahun depan bersumber dari APBD Banjarmasin 2023,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah kepada jejakrekam.com, Senin (26/12/2022).

BACA JUGA : Estimasi Telan Dana Rp 35 Miliar, Gedung Baru DPRD Banjarmasin Bertipe Gajah Manyusu

Dia menjelaskan karena proyek tahun jamak, maka tahun 2023 akan kembali dianggarkan dalam APBD guna menuntaskan gedung bagi wakil rakyat itu.

“Pada tahun 2023 dilanjutkan, proyek fisik bangunan gedung DPRD Kota Banjarmasin kembali dianggarkan Rp 39,1 miliar. Jadi, kami targetkan gedung tambahan dewan bisa bisa terbangun dalam dua tahun anggaran,” kata mantan Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Provinsi Kalsel.

BACA JUGA : Berdesain Gajah Menyusu, Gedung Baru DPRD Kota Banjarmasin Mulai Dibangun

Dia berharap dengan dana segede itu tidak ada kendala apapun pada 2023 mendatang, sehingga waktu pengerjaan gedung baru DPRD Kota Banjarmasin bisa rampung dan dipergunakan sesuai target.

Terpisah, Sekretaris DPRD Kota Banjarmasin Iwan Risdianto mengatakan pihaknya hanya sebagai pengguna bangunan gedung, sehingga masalah teknis termasuk alokasi anggaran menjadi domain dari Dinas PUPR.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.