Gedung Mewah Baru DPRD Banjarmasin Bernilai Rp 39 Miliar Rampung Jadi Kado Perpisahan?

0

MASA jabatan 45 anggota DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024 akan berakhir pada 10 September 2024 mendatang ternyata sudah disiapkan ‘kado perpisahan’ berupa gedung baru mewah bernilai puluhan miliar.

KADO itu berupa bangunan gedung baru di samping gedung utama di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Digarap dalam skema tahun jamak (multiyear) dengan pagu anggaran Rp 40 miliar bersumber dari APBD tahun 2022 dan 2023, usai ditender Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin pada 12 Mei 2012.

Proyek konstruksi pembangunan gedung baru DPRD Kota Banjarmasin bergaya arsitektur Banjar modern tipe Gajah Manyusu ini dikerjakan kontraktor pelaksana PT Rancang Bangun Mandiri dari Jakarta dengan nilai kontrak Rp 39,1 miliar lebih.

Pantauan jejakrekam.com, Jumat (8/9/2023), usai dikebut siang malam selama 2 tahun, penampakan gedung baru berlantai 4 DPRD Kota Banjarmasin berada di belakang kantor Bank Danamon dan Bank Mega, berdampingan dengan gedung utama Bank Kalsel, tampak sudah rampung.

BACA : Serap 2 Tahun Anggaran, Butuh Dana Puluhan Miliar Demi Muluskan Gedung Baru DPRD Banjarmasin

Beberapa mobil bus mini DPRD Kota Banjarmasin sudah parkir di basement gedung baru, termasuk akses masuk yang sebelum ditutup telah dibuka. Bahkan tangga penghubung bangunan dengan pernak-pernik bermotif bunga mirip logo Sriwijaya Air serta huruf ala kaligrafi Arab perpaduan warna kuning dan orange.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin Harry Wijaya mengakui proses pembangunan gedung baru telah rampung, tinggal peresmian saja.

BACA JUGA : Berdesain Gajah Menyusu, Gedung Baru DPRD Kota Banjarmasin Mulai Dibangun

“Ada beberapa opsi untuk peresmian gedung baru DPRD Kota Banjarmasin apakah nanti bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-497 pada 24 September nanti. Ya, tergantung agenda dari pemerintah kota sebagai pemilik proyek,” ucap Ketua DPRD Banjarmasin dari Fraksi PAN ini kepada jejakrekam.com, Jumat (8/9/2023).

Harry Wijaya juga menyebut ada pula beberapa usulan dari sejumlah anggota dan fraksi di DPRD Banjarmasin jika penggunaan gedung baru itu paling lambat pada akhir 2023 nanti.

BACA JUGA : Sudah Dapat Mobdin Mewah Gres, DPRD Banjarmasin Bakal Punya Gedung Baru Senilai Rp 40 miliar

“Sebab, gedung baru ini masih kosong belum ada dilengkapi fasilitas lainnya seperti muebuler dan interior. Memang, ada rencana anggarannya dialokasikan melalui pos Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin untuk pengadaan meubler dan lainnya,” tutur Ketua DPD PAN Kota Banjarmasin.

Apakah gedung baru ini sebagai kado perpisahan atau malah menjadi kado penyambutan wakil rakyat baru hasil Pemilu 2024? Harry Wijaya menyahut dengan tertawa ringan.

BACA JUGA : Estimasi Telan Dana Rp 35 Miliar, Gedung Baru DPRD Banjarmasin Bertipe Gajah Manyusu

Sekadar mengingatkan, rencana pembangunan gedung baru DPRD Kota Banjarmasin dimulai pada 2021, saat dokumen rancang bangun rinci (DED) direview lelang proyek Sekretariat DPRD Banjarmasin dengan pagu anggaran Rp 250 juta. Proyek perencanaan ini dikerjakan PT Technikatama Jasa Konsultan asal Kandangan dengan nilai kontrak Rp 230 juta.

Berlanjut pada 2022 dan 2023 dalam sistem tahun jamak melalui pos anggaran Dinas PUPR Banjarmasin untuk manajemen konstruksi pembangunan gedung baru DPRD Banjarmasin segede Rp 1,3 miliar. Proyek ini dikerjakan pemenang tender; PT Winaguna Sarana Teknik dari Bandung yang dikontrak seharga Rp 1 miliar lebih.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/09/08/gedung-mewah-baru-dprd-banjarmasin-bernilai-rp-39-miliar-rampung-jadi-kado-perpisahan/,https://jejakrekam com/tag/dprd-kota-banjarmasin/
Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.