Pastikan Kota Beri Ruang Semua Warga, Tema Harjad ke-497 Banjarmasin Baiman adalah Kita

0

JELANG Hari Jadi (Harjad) ke-497 pada 24 September 2023 nanti, Pemkot Banjarmasin sudah merancang beberapa agenda kegiatan guna memeriahkannya.

TEMA harjad yang hampir 5 abad itu bertagline Banjarmasin Baiman adalah Kita. Rapat persiapan menyambut Harjad Kota Banjarmasin dipimpin Walikota Ibnu Sina bersama jajaran pejabat terasnya di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota, Jumat (4/8/2023).

“Tema Harjad ke-497 tahun ini adalah Banjarmasin Baiman adalah Kita sebagai bentuk nyata bahwa kota memberi ruang bagi semua warga untuk berkolaborasi, kreativitas, partisipasi dan segala hal lainnya sesuai slogan Baiman yang berarti barasih wan nyaman (bersih dan nyaman),” kata Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman kepada awak media, Jumat (4/8/2023).

Menurut dia, ketika Banjarmasin dinyatakan adalah ruang bagi seluruh masyarakat dalam semua aspek, maka Banjarmasin Baiman bisa dipersepsikan adalah kita.

BACA : Kado Pahit Harjad Banjarmasin ke-496, Walikota-Ketua DPRD Cabut Gugatan UU Kalsel di MK

“Soal logo Harjad ke-497 nanti akan disayembarakan sehingga siapa saja boleh mengikuti lomba desain grafis logo. Nanti yang terbaik akan dipakai. Nanti lomba ini akan digelar selama satu minggu setelah ini (rapat koordinasi),” ucap Ikhsan.

Selain itu, mantan pejabat Pemkab Tanah Bumbu ini mengatakan beberapa kegiatan juga melibatkan masyarakat, seperti lomba menghias kampung dan lainnya.

BACA JUGA : Shalat Hajat Harjad Banjarmasin ke-495, Ini Harapan Walikota Ibnu Sina

“Seperti tahun lalu, peringatan Harjad ke-497 tahun juga diawali dengan ziarah ke makam Sultan Suriansyah, Raja Banjar I serta rapat paripurna istimewa di DPRD Banjarmasin. Termasuk, beberapa kegiatan puncak peringatan,” papar Ikhsan.

Walikota Ibnu Sina menjelaskan pada puncak pelaksanaan Harjad ke-497 Kota Banjarmasin akan dimajukan tanggalnya, tidak bertepatan pada 24 September 2023 mendatang, karena jatuh pada hari libur nasional; Minggu atau Ahad.

“Sesuai ketetapan puncak acara akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 23 September 2023 di halaman Balai Kota dengan tarian kolosal dan gelaran kebersihan kota,” kata Ibnu Sina.

BACA JUGA : Benarkah Banjarmasin Itu Lahir pada 24 September 1526?

Berikutnya pada Kamis (20/9/2023) digelar rapat paripurna istimewa dilanjutkan dengan Banjarmasin Bershalawat dengan mendatangkan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf dengan grup musik religi, Ahbabul Musthofa.

“Sehari sebelum acara puncak, ada peresmian beberapa kegiatan dan pembukaan Banjarmasin Expo serta Pekan Raya Banjarmasin bertempat di Siring Menara Pandang,” beber Ibnu Sina.

BACA JUGA : Paripurna Istimewa Harjad Banjarmasin ke-496 Terpaksa Dipindah ke Hotel Rattan Inn

Beberapa peresmian hasil Pembangunan kota pada puncak Harjad ke-497 itu di antaranya Banjarmasin Creative Hub, Gedung Sekretariat Bersama, Dermaga Nol Kilometer dan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.