Shalat Hajat Harjad Banjarmasin ke-495, Ini Harapan Walikota Ibnu Sina

0

RANGKAIAN Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin yang telah menginjak usia 495 tahun dihelat dengan menggelar shalat hajat di Aula Balai Kota, Jalan RE Martadinata, Banjarmasin, Kamis (23/9/2021) malam.

DIPIMPIN Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banjarmasin, Habib Ali Khaidir Al Kaff, doa-doa dipanjatkan agar bisa mewujudkan misi-misi duet Walikota Ibnu Sina-Wakil Walikota Arifin Noor menuju Banjarmasin Barasih wan Nyaman dan Lebih Bemartabat.

Tak hanya dihadiri dua pimpinan Balai Kota, tampak pula Plh Sekdakot Banjarmasin Sugito Said, Ketua MUI Kota Banjarmasin KH Murjani Sani, Plt Direktur RSUD Sultan Suriansyah, dr Syaukani, Forkopimda, kepala SKPD, serta camat se-Kota Banjarmasin.

“Malam ini, kita merayakan syukuran atas genap 495 tahun usia Kota Banjarmasin. Hari ini 24 September 1526 bertepatan dengan 6 Dzulhijjah 932 Hijriah atau 495 tahun yang lalu yang disepakati oleh Pemkot dan DPRD Kota Banjarmasin untuk dijadikan sebagai awal mula lahirnya Kota Banjarmasin,” papar Walikota Ibnu Sina.

BACA : Tepat Harjad Banjarmasin, Wisata Siring Menara Pandang dan Kuin Kacil Dibuka

Menurut dia, kota ini lahir dari tepian Sungai Barito, tepatnya di Muara Kuin dengan diislamkannya Pangeran Samudera bergelar Sultan Suriansyah. Sang raja pertama ini memenangi perebuta kekuasaan dengan sang paman, Raden Tumenggung.

“Bahkan, Pangeran Samudera sempat adu tanding dengan sang paman di Belandaian dan tengah Sungai Martapura, hingga diserahkan kekuasaan Kerajaan Negara Daha menjadi Kesultanan Banjar,” papar Ibnu Sina, bercerita sejarah.

Dibantu empat patih, yakni Patih Masih, Patih Balitung, Patih Balit dan Patih Kuin disepakati pusat kerajaan yang berawal dari Muara Bahan dipindahkan ke Kuin.

Dengan masuknya Pangeran Samudera bergelar Sultan Suriansyah, Ibnu Sina menjadi dasar berdiri kota di tepian sungai bernama Bandarmasih hingga kemudian menjadi Banjarmasin.

BACA JUGA : Menang Lomba Desain Logo Harjad Banjarmasin ke-495, Adi Nugroho Diganjar Rp 5 Juta

“Saya ucapkan selamat Hari Jadi Kota Banjarmasin yang ke-495 tahun pada 2021 ini. Saya mengajak seluruh jajaran untuk tetap semangat, perteguh komitmen untuk menuntaskan Visi Banjarmasin Baiman dan Lebih Bemartabat yaitu Barasih wan Nyaman,” beber mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Ibnu Sina memastikan akan mewujudkan apa yang telah menjadi misi-misinya sebagai pemenang Pilwali Banjarmasin 2020 lalu yakni mewujudkan Banjarmasin Baiman, Barasih wan Nyaman dan Lebih Bermartabat.

“Insya Allah dengan semangat kayuh baimbai itu akan terwujud,” pungkas Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.