Realisasikan Bangun Jembatan Sungai Jingah, Pemkot Banjarmasin-Pemprov Kalsel Disarankan Sharing Dana

0

DUA rencana besar Pemkot Banjarmasin untuk segera membangun Jembatan Sungai (Sei) Jingah dan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa pada tahun 2023 ini, terus dimatangkan.

KEPALA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Suri Sudamardiyah mengatakan saat ini proses perencanaan untuk pembangunan Jembatan Sungai Jingah, apakah nanti opsi oprit di Sungai Jingah atau Seberang Masjid, masih dikuatkan dengan dokumen perencanaan.

“Untuk desain dua jembatan itu. Yakni, Jembatan Pramuka-Sungai Gampa sudah ada dokumen perencanaannya. Begitupula, Jembatan Sungai Jingah. Dengan adanya dua jembatan sebagai akses infrastktur baru tentu bisa mengembangkan wilayah Kota Banjarmasin,” ucap Suri Sudarmadiyah kepada jejakrekam.com, Senin (6/2/2023).

Mantan Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Provinsi Kalsel ini menyebut dokumen rancang bangun rinci (DED) dan review studi kelayakan sudah digarap konsultan perencana PT Winaya Konteks Kharisma (Banjarmasin).

BACA : Dibanding Rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa, Rosehan : Jembatan Sungai Jingah Lebih Prioritas!

“Untuk kapan pelaksanaan proyek fisiknya, masih belum ada kepastian. Karena masih berproses, kami juga terus berkomunikasi dan berkonsultasi untuk proses pembangunan kedua jembatan ini,” ucap Yayah, sapaan akrab pejabat perempuan Pemkot Banjarmasin ini.

Yayah menyebut proses yang dimaksud adalah terkait dengan dokumen kebutuhan lahan bagi kedua jembatan. Namun, dirinya memastikan proses ini akan digenjot sehingga pada 2023 bisa digarap proyek fisiknya melalui APBD Banjarmasin.

Untuk diketahui, ada dua opsi untuk titik tiang pancang (pondasi) Jembatan Sungai Jingah. Lokasi pertama berada di Jalan Simpang Sungai Mesa, Seberang Masjid atau kawasan terkenal dengan Lontong Orari. Sedangkan, di bagian seberang, Sungai Jingah berada di pertigaan Jalan Sultan Adam-Mesjid Jami atau dekat dengan makam Syekh Surgi Mufti.

BACA JUGA : Tahun 2023, Sudah Bebaskan Lahan, Kaki Oprit Jembatan Pramuka-Sei Gampa Bisa Terbangun

Sedangkan, lokasi alternatif kedua adalah Jalan Simpang Sungai Bilu, persisnya dekat dengan Intake Sungai Bilu milik PT AM Bandarmasih, membentang di atas Sungai Martapura menuju daratan Sungai Jingah.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalsel, HM Rosehan Noor Bachri merespons rencana pembangunan Jembatan Sungai Jingah.

“Apakah titiknya nanti itu berada di Sungai Bilu, Pengambangan atau Seberang Masjid, terserah ownernya (Pemkot Banjarmasin). Yang pasti, jembatan itu harus segera dibangun demi memenuhi janji Walikota Ibnu Sina dalam kampanye pilkada lalu,” kata Rosehan.

BACA JUGA : DED dan Studi Kelayakan Direview, Jembatan Sei Jingah-Sei Bilu Segera Dibangun di Tahun 2023

Mantan Wakil Gubernur Kalsel ini juga mengatakan soal desain atau teknisnya, apakah berbentuk jembatan gantung ala Jembatan Bromo yang hanya bisa dilintasi sepeda motor (kendaraan roda dua) atau bisa dilewati mobil, menjadi kewenangan pemerintah kota. Termasuk, model Jembatan Banua Anyar (17 Mei) berstruktur kerangka baja (besi).

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalsel dari Fraksi PDIP, HM Rosehan Noor Bachri. (Foto Dokumentasi JR)

“Apalagi, informasinya sudah disediakan dana Rp 5 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan Jembatan Sungai Jingah. Seperti saya tegaskan sebelumnya, 8 anggota DPRD Kalsel dari dapil Banjarmasin mendukung penuh rencana itu,” kata Rosehan.

BACA JUGA : Tahun 2023, Model Jembatan Gantung Penghubung Sei Jingah-Sei Bilu Segera Dibangun

Dia menyebut bahwa koleganya di Rumah Banjar yakni Suripno Sumas (PKB), HM Lufti Saifuddin (Gerindra), Rachmah Norlias (PAN), Habib Ahmad Bahasyim (Demokrat), Hj Dewi Damayanti Said (Golkar), Haryanto (PKS) dan Hj Karmila, Wakil Ketua DPRD Kalsel dari Fraks PAN mendukung penuh atas rencana itu.

“Ini komitmen kami sebagai wakil rakyat DPRD Kalsel dari dapil Banjarmasin. Bahkan, menawarkan jika ternyata butuh dana sharing dengan Pemprov Kalsel, tentu kami siap memperjuangkannya di APBD Kalsel, apalagi sebagian anggota dewan adalah anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalsel,” beber Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalsel ini.

BACA JUGA : Urai Kemacetan di Sungai Andai, Pemkot Banjarmasin Kaji Bangun Jalan dan Jembatan Baru

Menurut dia, kolaborasi antara Walikota Ibnu Sina dengan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam mewujudkan Jembatan Sungai Jingah sangat penting, karena begitu vitalnya agar kawasan itu bisa dibuka lewat jembatan penghubung membentang di atas Sungai Martapura.

“Misalkan, berapa duit dari pemerintah kota. Ditambah dengan anggaran dari Pemprov Kalsel. Jadi, Jembatan Sungai Jingah bisa segera terwujud. Masalah teknis, tentu urusan pemerintah kota dan provinsi jika jadi sharing dana terwujud. Kami mendukung bahkan bersyukur jika Jembatan Sungai Jingah segera dibangun, karena sudah lama hal itu diimpikan warga,” pungkas Rosehan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.