Daerah Penghasil Belum Panen, Harga Bawang Merah dan Cabai Merangkak Naik

0

AWAL tahun 2023 ditandai dengan kenaikan sejumlah komoditas pangan, termasuk di antaranya bawang merah dan cabai di pasar-pasar yang ada di Kota Banjarmasin.

TERPANTAU di kawasan Pasar Harum Manis, Jalan Pasar Baru, Banjarmasin, harga bawang merah, bawang putih dan sejumlah jenis keperluan bumbu masak mengalami kenaikan.

“Saat ini, harga bawang merah, bawang putih dan cabai (lombok) kering naik di Pasar Harum Manis. Kenaikannya cukup mengejutkan,” ucap Arbayah, warga Jalan Belitung Darat saat membeli bawang merah dan cabai kering di Pasar Harum Manis, Banjarmasin, Senin (16/1/2023).

Dia mencontohkan saat ini harga bawang merah sudah berkisar Rp 30 ribu per kilogram. Sedangkan, bawang putih mencapai Rp 24 ribu, padahal sebelumnya hanya Rp 22 ribu per kilogram.

BACA : Angka Inflasi Terus Tergerek, Krisis Pangan Bisa Jadi Ancaman Nyata bagi Kalsel

Sementara itu, Aminah, pedagang bumbu masak di Pasar Harum Manis mengakui ada kenaikan harga beberapa produk pangan seperti bawang merah sejak awal tahun 2023 lalu.

“Walau kenaikan tidak terlalu drastis. Tapi, sangat terasa. Apalagi, kebanyakan bawang merah ini didatangkan dari Padang (Sumatera Barat). Sementara, dari penghasil lainnya dari Bima, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan dan Pulau Jawa belum memasuki masa panen,” kata Aminah kepada jejakrekam.com, Senin (16/1/2023).

BACA JUGA : Ancaman Krisis Pangan 2023 di Depan Mata, Harga Beras Terus Melonjak Naik

Dia mengungkapkan kenaikan harga bawang merah di tingkat eceran mencapai Rp 1 ribu hingga 2 ribu per kilogram. Kisaran harga mencapai Rp 27 ribu hingga Rp 28 ribu per kilogram, tergantung ukuran dan kualitas bawang merah.

“Kenaikan harga ini sudah terjadi di tingkat agen atau harga grosir, sehingga berimbas pada harga eceran,” kata Aminah.

Pun begitu, pedagang bawang merah di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Siti Fatimah mengakui hal serupa. “Kenaikan harga ini akibat tingginya ongkos angkut. Makanya, harga jual bawang merah dijual di tingkat eceran mencapai Rp 33 ribu hingga Rp 34 ribu per kilogram,” tutur Aminah.

BACA JUGA : Jelang Nataru, Harga Bawang Naik Rp4 Ribu

Berdasar data harga bahan pokok yang dikeluarkan Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalsel melalui laman disdag.kalselprov.go.id, pada Senin (16/1/2023), harga bawang bombay naik Rp 100, hingga menjadi Rp 21.400 per kilogram. Sedangkan, harga bawang merah naik Rp 700, kini sudah tembus Rp 38.700 per kilogram.

Kenaikan harga juga terjadi pada cabai merah segar kini dijual Rp 32.200 per kilogram dan cabai merah keriting segar Rp 25.500 atau naik Rp 1.100 per kilogram.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.