Permintaan Tinggi di Bulan Rajab, Harga Daging Sapi Tak Pernah Turun Terus Naik

0

MENYAMBUT tradisi peringatan Isra Miraj dengan menggelar kenduri atau hajatan di masyarakat membuat permintaan daging sapi kian meningkat di Kota Banjarmasin.

HAL ini dirasakan oleh H Ismail. Pedagang daging sapi di kawasan Pasar Lama Banjarmasin. Menurut dia, hingga kini harga daging sapi dengan berbagai bagian tidak pernah mengalami penurunan harga, bahkan terus menaik dengan tingginya permintaan.

“Pasokan daging sapi yang didatangkan dari rumah pemotongan hewan (RPH) memang tidak menentu. Terkadang tiap hari disuplai sebanyak 20 kilogram, sehingga tidak mampu memenuhi permintaan pasar,” ucap H Ismail kepada jejakrekam.com, Kamis (25/1/2024).

Menurut Ismail, hingga kini harga daging seperti has sudah tembus Rp 160 ribu, naik Rp 10 ribu pada sebelumnya Rp 150 ribu per kilogram.

BACA : Hari Raya Qurban Tinggal Hitungan Hari, Harga Daging Sapi Sudah Naik Rp 170 Ribu per Kg

Meski diakui Ismail, harga sempat turun dari awalnya Rp 170 ribu per kilogram, namun tak beberapa lama terus mengalami kenaikan. “Seperti sekarang memasuki bulan Rajab, permintaan daging sapi memang tinggi. Omzet penjualan naik sekitar 5 persen dari biasanya,’ katanya.

Kenaikan harga daging juga diakui H Halidi. Pedagang daging di Pasar Teluk Dalam Banjarmasin. Menurut dia, kenaikan harga daging berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram, tergantung kualitas atau bagian dari daging yang dibeli konsumen.

BACA JUGA : Jelang Datangnya Bulan Ramadhan, Harga Daging Sapi Mulai Tergerek Naik

“Saat ini, kisaran harga daging tergantung kualitas mencapai Rp 150 ribu hingga Rp 160 ribu per kilogram. Penjualan daging sapi ini juga berlangsung cepat, tidak seperti pasar-pasar lainnya di Banjarmasin hanya setengah hari. Dari pagi hingga siang hari,” tutur Halidi.

Salah seorang pembeli asal Jalan Belitung Darat, Ratna mengakui harga daging sapi tidak pernah turun, bahkan terus merambat naik. “Apalagi, saat ini sudah memasuki bulan Rajab, tentu permintaan daging meningkat tajam dibanding bulan-bulan biasanya,” kata Ratna.

Pemilik warung makan ini mengaku membeli daging hanya untuk kebutuhan warungnya, tidak dalam jumlah besar seperti restoran maupun orang yang punya hajatan

BACA JUGA : Penuhi Hajatan dan Perkawinan, Permintaan Daging Sapi Meningkat di Bulan Rajab

Mengutip data dari laman disdag.kalsel.prov.go.id, per 12 September 2023 yang belum terupdate, masih mencantumkan harga lama daging sapi. Seperti daging sapi beku dijual Rp 100 ribu per kilogram, daging sapi has dalam Rp 161.100 per kilogram, daging has luar Rp 151 .600 per kilogram, daging sapi paha belakang Rp 154.400 per kilogram dan daging sapi paha depan Rp 151.600 per kilogram..(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.