HMI Komfaktar UIN Antasari Gelar Pelatihan Wirausaha

0

SEMANGAT pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat terus berkobar. HMI Fakultas Tarbiyah UIN Antasari Banjarmasin terus menciptakan jejak kebaikan.

JEJAK kebaikan yang diwujudkan Himpunan Mahasiswa Islam Fakultas Tarbiyah (HMI Komfaktar) UIN Antasari Banjarmasin itu, melalui ‘Dedikasi Insan Cita’, di Panti Asuhan Nuruddin Muhammadiyah, pada Selasa dan Rabu, 16-17 Januari 2024.

Bukan sekadar kegiatan rutin seperti mengajar dan mengadakan lomba, HMI Komfaktar menghadirkan keunikan dengan menyelenggarakan pelatihan wirausaha untuk anak-anak panti.

Dalam sorotan kegiatan ini, Kanda Muhammad Rizani Amin, selaku Ketua FKP Kabupaten Banjar menjadi pencerah, yang membimbing langkah anak-anak panti menuju dunia wirausaha.

BACA: Tak Dapat Data Rinci 2 Proyek, HMI dan IMM Banjarmasin Berencana Gelar Aksi Parlemen Jalanan

Pelatihan Wirausaha menjadi inti dari dedikasi HMI Komfaktar untuk merangsang kreativitas dan keterampilan anak-anak di panti asuhan. Semangat penuh membara tidak hanya terasa di kalangan anak-anak panti, tetapi juga menular kepada para pengurus panti yang turut serta dalam atmosfer penuh inovasi, membangkitkan kreativitas, dan menggali potensi lokal panti asuhan sebagai ladang peluang usaha.

Koordinator program kegiatan, Kanda Muhammad Rizki Rezani menjelaskan, mengapa Pelatihan Wirausaha menjadi fokus utama. Ia menyatakan bahwa panti asuhan memiliki fasilitas yang memadai, namun tetap membutuhkan sumber pendanaan berkelanjutan.

Semuanya dapat dilakukan melalui amal usaha penyewaan gedung aula dan lahan parkir mobil untuk acara pernikahan, seminar, dan kegiatan organisasi, panti asuhan berusaha memenuhi kebutuhan operasionalnya. Namun, sumber pendanaan ini belum mencapai optimal, dan melalui pelatihan wirausaha, harapannya adalah anak-anak panti dapat menjadi pelaku bisnis yang mandiri.

Sebagai pembicara utama, Kanda Muhammad Rizani Amin, tak hanya memberikan arahan mengenai aspek bisnis, melainkan juga menggugah potensi yang tersembunyi di Panti Asuhan Nuruddin Muhammadiyah.

BACA JUGA: Gubernur Harapkan HMI Terus Menunjukkan Eksistensinya Di Banua

Beliau mengidentifikasi sebuah peluang bisnis yang signifikan, yaitu seringnya aula panti digunakan sebagai tempat pelaksanaan pernikahan. Dengan menyajikan konsep penyewaan aula secara profesional dan kreatif, Kanda Rizani meyakinkan bahwa terdapat beragam peluang usaha yang menjanjikan.

Dalam paparannya, beliau tidak hanya memberikan ide-ide usaha yang dapat dijalankan dengan sukses, terutama di sektor industri pernikahan, tetapi juga memberikan panduan praktis tentang langkah-langkah awal untuk memulai bisnis dengan efektif.

Dalam kesempatan berharga ini, Kanda M Fazlur Rahman Fadhil, Ketua Umum HMI Komfaktar, menyampaikan harapannya. Ia berharap dedikasi HMI Komfaktar dapat menjadi pelita bagi anak-anak panti dan masyarakat sekitarnya.

Dengan upaya bersama, diharapkan potensi anak-anak panti bisa tergali maksimal, menghasilkan generasi kreatif, mandiri, dan berdaya saing tinggi. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya memberikan pembelajaran berharga tetapi juga mewujudkan kontribusi nyata untuk kesejahteraan panti.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.