Banjarbaru Sudah Punya JPO, Bagaimana Kelanjutan Rencana 5 Titik JPO di Kota Banjarmasin?

0

RAMAI-ramai kehadiran jembatan penyeberangan orang (JPO) di Banjarbaru, yang membentang di ruas Jalan A Yani Km 34 dan 23, Loktabat dan Landasan Ulin, disambut warga ibukota Provinsi Kalsel. Bagaimana dengan rencana serupa di Kota Banjarmasin?

KEHADIRAN JPO yang kini berstatus ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, usai menggantikan Banjarmasin pada 2022 lalu. Lantas bagaimana dengan JPO di Banjarmasin?

Sekadar mengingatkan, sebenarnya Banjarmasin awalnya punya JPO di Jalan Pangeran Antasari yang menghubungkan kawasan Hotel Swissbell Borneo atau Pasar Pagi dengan Mitra Plaza. Namun, pada pertengahan April 2019, JPO yang sempat menjadi media iklan videotron itu dibongkar. Pembongkaran itu dilakukan pemilik JPO, Budi Neon, karena sudah habis masa izin tayangnya.

Sebelumnya, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina merencanakan membangun JPO di lima titik. Yakni, kawasan Jalan A Yani depan RSUD Ulin Banjarmasin, depan kampus UIN Antasari, Kantor Disnakertrans Provinsi Kalimantan Selatan . Kemudian, di Jalan H Hasan Basri Kayutangi di depan kampus Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan Jalan Pangeran Samudera di depan Masjid Noor, dengan menggunakan arsitektur modern.

BACA : Diresmikan Walikota, JPO Banjarbaru Dua Bakal Dilengkapi Kamera CCTV

Hal itu diungkap Ibnu Sina saat puncak peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-492 pada 24 September 2018 silam. Bagaimana dengan belied atau ketentuannya? Saat ini, DPRD Kota Banjarmasin tengah menggodok rancangan revisi Perda Nomor 16 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Reklame.

Pada Pasal 4 Raperda Revisi Reklame Kota Banjarmasin, ditegaskan adanya keberadaan jembatan penyeberangan orang (JPO) bisa jadi tempat reklame. Raperda ini memuat 9 bab, dan 27 pasal, termasuk pasal yang dikasih huruf.

BACA JUGA : Sepakat Pindah Lokasi dan Diubah Jadi JPO, Baliho Bando A Yani Dipasang Kembali

Ketua Asosiasi Pengusaha Periklanan Seluruh Indonesia (APPSI) Kalsel, Winardi Setiono mengakui untuk membangun JPO yang bisa menjadi media reklame akan terbentur beberapa aturan.

“Informasi yang kami dapat pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel tidak mengizinkan adanya JPO di Banjarmasin. Ini terlebih, lebar ruas jalan di Banjarmasin, tidak memungkinkan. Karena bagi pejalan kaki masih bisa menyeberang jalan raya, tanpa harus memanfaatkan JPO,” tutur Winardi Setiono kepada jejakrekam.com, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : Dinas PUPR Banjarmasin Akui Pengawasan Reklame Masih Lemah

Dia mengambil contoh ketika ada JPO satu-satunya di Banjarmasin, ketika itu berada di kawasan Jalan Pangeran Antasari justru dibongkar. Ini belum lagi, termasuk JPO yang sempat berfungsi sebagai kios pedagang penghubung Pasar Malabar-Pasar Sudimampir Baru di atas Jalan Ujung Murung juga sudah lama dibongkar.

Kementerian PUPR sendiri sudah mengeluarkan belied berupa Peraturan Menteri PUPR Nomor03/PRT/M/2014/2011 tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan.

BACA JUGA : Sapu Bersih Bando, Pemkot Banjarmasin Siap Kehilangan Potensi Pajak Rp 1 Miliar

Dalam belied ini cukup rinci diatur spesifikasi detail yang harus terpenuhi terutama JPO jadi pedomena dalam pembangunannya.

Ketua Pansus Revisi Perda Reklame DPRD Kota Banjarmasin, Muhammad Isnaini mengakui pembahasan soal reklame, termasuk di dalamnya soal JPO masih perlu pendalaman. Hingga, raperda ini belum kelar dibahas dewan.

BACA JUGA : Lobi Kemenhub di Jakarta, Walikota Banjarbaru Beber Program Bus Sekolah hingga JPO

Senada itu, Ketua Fraksi Restorasi Bintang Pembangunan (gabungan PPP, NasDem dan PBB) DPRD Banjarmasin, Arupah Arief mengakui ada beberapa hal yang penting sehingga raperda itu belum tuntas digodok oleh dewan.

“Ya, ada beberapa masalah, khususnya menyangkut ketentuan yang harus disinkronkan dulu,” kata Arupah Arief kepada jejakrekam.com, Minggu (8/1/2023).(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/01/08/banjarbaru-sudah-punya-jpo-bagaimana-kelanjutan-rencana-5-titik-jpo-di-kota-banjarmasin/,https://jejakrekam com/tag/jpo-banjarmasin/,JPO di kota banjarmasin di bongkar
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.