Ada Bazaar 22 UMKM, Meriahkan HUT RAPI ke-42 Tahun Dipusatkan di Taher Square Banjarmasin

0

MEMERIAHKAN hari ulang tahun (HUT) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) ke-42 tahun, beragam acara dihelat di Taher Square, Jalan Piere Tendean, Banjarmasin.

“KETERLIBATAN anggota RAPI Daerah 19 Kalimantan Selatan hukan hanya dalam membantu penanganan bencana dan bidang sosial, termasuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah, kami juga menghadirkan kegiatan lainnya,” ucap Ketua RAPI Daerah 19 Kalimantan Selatan HM Rosehan Noor Bachri kepada jejakrekam.com, Sabtu (5/11/2022).

Menurut dia, rangkaian acara digelar selama dua hari sejak Sabtu (5/11/2022) hingga Minggu (6/11/2022), bersama pengurus daerah dan wilayah bersama menghelat HUT ke-42 RAPI.

BACA : Aklamasi, Rosehan Noor Bachri Kembali Pimpin RAPI Kalsel

“Peringatan milad memang rutin digelar tiap tahun. Misi kami jelas untuk menjalin silaturahmi serta memupuk rasa ukhuwah islamiyah terhadap kegiatan yang selama ini yang kami lakukan, termasuk berpartisipasi dengan pemerintah daerah,” ucap mantan Wakil Gubernur Kalsel ini.

Rosehan mengatakan rangkaian HUT ke-42 tahun RAPI dipusatkan di Taher Square Banjarmasin. Berbeda dengan tahun lalu difokuskan di Pantai Batakan, Tanah Laut. “Insya Allah, tahun depan kami rencanakan digelar di Kabupaten Banjar atau Kota Banjarbaru,” katanya.

BACA JUGA : Pelatihan Pencegahan Dan Mitigasi Bencana, Gubernur Kalsel: Relawan Harus Terampil

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kalsel ini pada perayaan HUT ke-42 diisi dengan bazaar disokong 22 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) binaan IWAPI Banjarmasin.

“Ada juga lomba paduan suara, pemeriksaan kesehatan gratis, diberikan kesempatan menikmati kuliner secara gratis, walaupun ada juga yang diperjualbelikan,” tutur Rosehan.

Besoknya pada Minggu (6/11/2022), Rosehan mengatakan dilanjutkan dengan kegiatan donor darah dan pembagian doorprize. Beragam hadiah tersedia seperti handyt alky, kompos gas, kipas angin, dispenser serta lainnya.

BACA JUGA : Ada Game Hingga Dongeng, Tim Hidraulika Fakultas Teknik ULM Sosialisasikan Mitigasi Bencana Banjir

“Intinya, RAPI Kalsel ini mengucapkan syukur karena sudah berusia 42 tahun. RAPI juga menjadi bagian dari dari pembangunan, terutama bagian sosial,” ucap Rosehan.

Ke depan, Rosehan berharap RAPI bisa berupaya maksimal  dalam membantu pemerintah daerah, bukan hanya pada masalah kebencanaan, namun juga ikut andil dalam beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

BACA JUGA : Jadi Acuan Masterplan Atasi Banjir, BPBD Banjarmasin Bikin Riset Dasar Kebencanaan

“Seperti bencana kebakaran, hampir seluruh anggota atau relawan pemadam kebakaran (damkar) adalah anggota RAPI. Ikut membantu kegiatan bersih-bersih sungai dan lannya, hingga hari besar keagamaan,” beber Rosehan.

Syukurnya lagi, Rosehan mengaku tahun ini RAPI mendapat bantuan mobil operasional dari Pemprov Kalsel. “Semoga RAPi di kabupaten dan kota di Kalsel juga mendapat perhatian serupa oleh pemerintah daerah, seperti bantuan untuk kantor sekretariat,” imbuh Rosehan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.