Pelatihan Pencegahan Dan Mitigasi Bencana, Gubernur Kalsel: Relawan Harus Terampil

0

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana, yang diikuti 80 orang dari Kabupaten/Kota se- Kalimantan Selatan, Selasa (27/9/2022).

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Suparno mengatakan, pencegahan dan mitigasi dari evakuasi hingga edukasi masyarakat harus terus ditingkatkan melalui peningkatan kapasitas dan keterampilan relawan yang terlibat dari pra bencana hingga pasca bencana.

Menurut gubernur, relawan jangan hanya terpaku pada tugas kedaruratan saja, namun juga perlu mengembangkan keterampilan dalam kegiatan pra bencana seperti sosialisasi, peringatan dini, mitigasi serta upaya peningkatan kesiapsiagaan.

Gubernur berpesan kepada seluruh relawan kebencanaan yang mengikuti kegiatan, agar betul-betul belajar dan senantiasa aktif dalam berkoordinasi baik BPBD kabupaten/kota maupun provinsi.

BACA: Sekdaprov Kalsel Minta BPBD Kabupaten/Kota Antisipasi Potensi Bencana

“Dengan kegiatan ini saudara-saudara dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapat melalui pelatihan ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kalsel Suria Fadliansyah mengatakan, kegiatan ini untuk mempersiapkan diri untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana di Kalsel. “Kita berharap para relawan dapat mengaplikasikan dan membagi ilmu pencegahan dan mitigasi di kabupaten/kota masing masing,” katanya.

Suria mengungkapkan pihaknya berkomitmen melakukan penguatan upaya pada fase pra bencana, khususnya pengurangan risiko bencana.

Menurutnya dengan bertambahnya frekuensi dan intensitas bencana setiap tahun, pengetahuan masyarakat tentang potensi risiko menjadi mutlak untuk ditingkatkan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.