Masukan Tokoh Kandangan, Film Pendek Kuyang Segera Dirilis Content Creator Banua

0

FILM versi layar lebar berjudul Kuyang the Movie pernah liris pada 2021. Fim horror Indonesia garapan 786 Production disutradarai Sonny Gumelar, sempat menyita perhatian penonton nasional.

FILM ini dibintangi oleh Arie Dwi Andhika, Zora Vidyanata dan Anne J Cotto. Film ini mengangkat legenda siluman berwujud kepala manusia dengan tubuh tanpa kulit dan anggota badan terbang mencari darah bayi atau perempuan memang masyhur di masyarakat Kalimantan.

Penganut Kuyang adalah perempuan yang mempraktikkan ajaran ilmu hitam demi mencapai kehidupan abadi. Dia pun berburu darah bayi dan wanita yang baru melahirkan dengan ciri khas kepala wanita berambut panjang terpisah dari badannya, terbang dengan organ tubuh seperti paru-paru, usus, jantung dan hati terburai.

BACA : Dilego Rp 35 Miliar Belum Laku, Kini Bangunan Plaza Metro City Dihuni Para ‘Hantu’

Nah, film Kuyang the Movie (2021) itu adalah versi layar lebar digarap pada 10 Maret 2019 yang menyuguhkan beberapa ritual mistis dalam beberapa adegannya, hingga Lembaga Sensor Film (LSF) mengklafisikasikan film honor yang ditonton untuk usia 17 tahun ke atas. Namun, kali ini para sineas Banua ingin menggarap versi film pendek.

BACA JUGA : Digarap Tiga Bulan Lebih, Film Nyai Undang Siap Dinikmati Penonton

Pencarian pemain utama Kuyang bagi perempuan berumur 18-17 tahun dan wanita berusia 30-45 tahun dengan catatan berambut panjang beredar di media sosial. Sebab, film pendek Kuyang akan diproduksi pada 21 Oktober 2022 nanti.

“Casting short movie Kuyang, shooting pada 21 Oktober 2022 nanti,” tulis akun facebook, Hakim Syahranie dikutip jejakrekam.com, Rabu (14/9/2022).

BACA JUGA : Eksistensi Hantu dalam Kultur Masyarakat Banjar yang Islami

Sementara itu, sutradara film pendek Kuyang, Suliansyah Muhammad mengakui film garapan rumah produksinya bersama rekan karena adanya masukan dari para tokoh di Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

“Kata para tokoh Kandangan, kenapa anak muda di Kalsel tak membuat film mitos Borneo yang ada di Kalimantan seperti Kuyang. Ini yang menjadi inspirasi kami untuk membuat film pendek lokal bercerita tentang Kuyang,” kata Sulian, sapaan akrab content creator Banua yang punya akun Podcast Sulian Official di kanal Youtube ini kepada jejakrekam.com, Rabu (14/9/2022).

BACA JUGA : Menggali Ilmu Taguh dalam Tradisi Masyarakat Banjar

Menurut dia, film pendek Kuyang akan segera digarap hingga nanti bisa ditayangkan pada awal November 2022 nanti. Penayangan film pendek Kuyang versi Kandangan ini akan berbarengan dengan Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ke-72 pada 2 Desember 2022.

Sulian menyebut sebelum film pendek Kuyang diproduksi dan ditayangkan untuk jadi tontonan bersama, sudah banyak karya serupa telah diolah. Hal ini terekam dalam kanal Youtube, Sulian Official mengangkat judul Hantu Pandjadian Akibat Pasugihan bercerita soal hantu beranak (kuntilanak) dan kuyang sendiri.(jejakrekam)

Pencarian populer:Content creator hss,Youtube kandangan hss
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.