Dilego Rp 35 Miliar Belum Laku, Kini Bangunan Plaza Metro City Dihuni Para ‘Hantu’

0

DALAM situs jual beli online di rumahku.com, Plaza Metro City pun dilego seharga Rp 35 miliar. Bangunan berlantai 4 terletak di Jalan Ujung Murung, pusat Kota Banjarmasin ini pun menyimpan cerita horor.

MAKLUM saja, terhitung sejak 2007 atau tepatnya 15 tahun, bangunan milik pengusaha properti, Donny Witono melalui bendera PT Donindo Menara Utama ini tak lagi beroperasi. Padahal, sebelumnya, ketika masih belum ada Duta Mall, pusat perbelanjaan menjadi wahana liburan keluarga dengan segera fasilitas yang memadai.

Namun, kini, bangunan itu terbengkalai. Kesan angker dan terawat pun mengemuka. Beberapa bagian pun tampak mengalami kerusakan, terlihat dari bagian depan. Menariknya, Plaza Metro City pun sempat dijadikan lokasi pembuatan film action, hingga uji nyali.

Salah satunya, youtuber Arief Arrachman memposting video berdurasi 11.12 menit, menceritakan bangunan horor di Banjarmasin, Plaza Metro City. Dengan caption, kali ini kita akan flying vlog di bangunan horor di banjarmasin Plaza Metro City yang biasa dijadikan tempat uji nyali oleh para konten kreator yang sedang mengisi informasi pajak di adsenesaat ini. Video ini ditonton 896 kali sejak ditayangkan 12 Maret 2021.

Benarkah? Pengelola parkir Plaza Metro City, Raya pun tak memungkiri. Menurut dia, setelah 15 tahun tak berpenghuni, memang bangunan itu sangat horor dan seram. Terutama, pada sore dan malam hari. Bahkan, beberapa petugas pemasang BTS yang ada di atap pernah bercerita dengan dirinya.

BACA : Jangan Sampai Monopoli, Banjarmasin Harus Buka Investasi Pendirian Mall

“Ya, dari mereka yang indigo, banyak makhluk astral yang menghuni bangunan Plaza Metro City. Bahkan, sore hari, hawa horor sudah terasa, apalagi pada malam hari. Pokoknya, lengkap penghuninya dari kuntilanak hingga seorang pria yang wajah seram berdarah akibat sabetan parang atau kecelakaan. Seperti itu kisahnya,” ucap warga Sungai Andai ini kepada jejakrekam.com, Jumat (10/9/2021).

Bangunan Plaza Metro City yang kini terbengkalai di Jalan Ujung Murung, Banjarmasin.

Pria yang juga menjadi penjaga Plaza Metro City ini mengakui bangunan bekas pusat perbelanjaan ini pernah dilego seharga Rp 35 miliar. Namun, hingga kini, tak laku-laku. Bahkan, bangunan itu kabarnya masuk dalam penguasaan jaminan Bank Mandiri. Selain dermaga yang jadi lahan parkir, lantai I Plaza Metro City difungsikan jadi wadah parkir motor.

“Dulunya, di atas lahan ini bekas rumah seorang habib bermarga Assegaf, kemudian dibeli bos (maksudnya Donny Witono), lalu dijadikan plaza. Tapi sempat ditawarkan, ada yang berminat tapi tidak berani membeli seharga Rp 35 miliar,” beber Raya.

BACA JUGA : Laporan Dihentikan Polisi, Anang Rosadi Berencana Gugat Walikota Ibnu Sina

Jadilah, bangunan ini ketika malam menjadi sarang ‘makhluk astral’. Menurut Raya, dari beberapa orang yang pernah mencoba uji nyali, berbagai macam ‘hantu’. Raya pun mengatakan lazimnya bangunan kosong, pasti akan menjadi pemukiman makhluk halus. “Ya, banyak jinnya. Orang Banjar bilang ‘bahantu’. Tapi, kalau ada yang berani beli, mungkin akan bisa difungsikan. Harganya memang Rp 35 miliar, kalau ditambah biaya perbaikan mungkin sampai Rp 40 miliar,” kata Raya lagi.

Terpisah, eks kuasa hukum Donny Witono, Adwin Tista pun tak menepis jika bangunan Plaza Metro City beberapa kali sempat dilego. Menurut Adwin, sejak 2007, bangunan itu juga tak lagi berfungsi hingga masuk dalam jaminan Bank Mandiri.

“Sebelumnya, pengusaha batubara, H Amir sempat menawar sekitar Rp 25 miliar, tapi tak jadi. Kemudian, Pak Zairullah Azhar (kini Bupati Tanah Bumbu) juga berminat. Tapi, sampai sekarang belum ada yang beli,” kata Adwin Tista.

BACA JUGA : Menang Gugatan di MA, Kantongi HGB, Banjarmasin Trade Center Bakal Beroperasi

Dosen Fakultas Hukum Uniska MAB ini tak memungkiri ketika Duta Mall buka, lambat laut Plaza Metro City pun mulai ditinggalkan para pengunjung. Mereka beralih ke mall baru yang terletak di Jalan A Yani Km 2, Banjarmasin. Apalagi, di Duta Mall jauh lebih lengkap diisi tenant-tenant ternama.

“Memang, waktu jaya-jayanya Plaza Metro City menjadi wahana hiburan satu-satunya di Banjarmasin, setelah Mitra Plaza di Jalan Pangeran Antasari dan Plaza Arjuna di Jalan Lambung Mangkurat. Ya, sampai sekarang tetap dijual bagi yang berminat,” beber pengacara senior ini.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.