Buka Isolasi Sungai Gampa Lewat TMMD, Pemkot Gandeng Kodim 1007/Banjarmasin

0

BUKA Kampung Sungai Gampa di Kelurahan Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, dari keterisoliran dengan membangun infrastruktur jalan dan jembatan dilakoni pemerintah kota.

LEWAT program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114, nota kerja sama (MoU) ini diteken Walikota Ibnu Sina dengan Dandim 1007/Banjarmasin, Letkol Inf Ilham Yunus di Ruang Rapat Baiman, Balai Kota, Rabu (29/6/2022).

Kesepakatan kedua institusi ini disaksikan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin Suri Sudarmadiyah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kota Banjarmasin, Madyan Noor, Kepala Bappeda Litbang Kota Banjarmasin, Ahmad Syauqi serta jajaran terkait.

Untuk diketahui, dalam LPSE Banjarmasin digelontorkan dana segede Rp 1,8 miliar lebih berasal dari APBD 2022. Proyek milik Dinas PUPR Kota Banjarmasin ditender ulang dengan nama proyek belanja bahan material pekerjaan pembangunan jalan Jalan Sungai Gampa (TMMD).

BACA : Digarap Mulai 2023, Ini Rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa Bernilai Rp 175 Miliar

Pada 27 September-26 Oktober 2017, TMMD ke-100 juga telah merambah Kampung Sungai Gampa dengan konsentrasi pembangunan sanitasi hingga infrastruktur jalan dan jembatan telah dikerjakan para tentara. Sebab, selama ini, akses ke Sungai Gampa ke daerah terdekat seperti Sungai Andai atau induknya, Sungai Jingah hanya bisa ditempuh lewat jalur sungai.

Kampung Sungai Gampa pun masuk dalam program pembangunan Jembatan Pramuka-Sungai Gampa yang ditaksir menelan dana Rp 175 miliar. Rencananya, jembatan bentang panjang akan digarap Dinas PUPR Kota Banjarmasin pada 2023 mendatang.

BACA JUGA : Kapal Sapu-Sapu Lembur, Tumpukan ‘Ilung’ Dibuang ke Sungai Gampa

Walikota Ibnu Sina mengatakan penandatanganan MoU dengan Kodim 1007/Banjarmasin terkait dengan pelaksanaan TMMD berupa pembangunan fisik seperti jalan dan jembatan yang dibutuhkan warga Sungai Gampa.

“Saya berharap dukungan semua pihak untuk TMMD itu bisa mencapai target satu bulan mendatang. Sebab, target satu bulan sudah selesai. Jadi, fasilitas itu bisa nanti dinikmati warga Banjarmasin,” kata Ibnu Sina.

BACA JUGA : Elegi SDN Banua Anyar 9; Hanya Mendidik 55 Siswa, Guru : Tak Mungkin Diregrouping!

Senada itu, Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus menegaskan siap berkolaborasi dengan pemerintah kota untuk melaksanakan TMMD di Sungai Gampa.

“Sebab, TMMD merupakan program untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan daerah,” kata perwira menengah TNI AD ini.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.