Hanya Bawa Pulang 4 Emas di PON Papua, Kinerja KONI Kalsel Jadi Sorotan

0

AJANG Musyawarah Olahraga Provinsi (Musoprov) KONI Kalimantan Selatan digelar di Hotel Best Western Kindai Banjarmasin, Senin (20/12/2021).

ADA sejumlah catatan diungkap sejumlah tokoh soal kinerja organisasi induk cabang olahraga (cabor) Kalimantan Selatan.

Saat ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel masih dipegang Bambang Heri Purnama sebgai ketua umum. Bahkan, anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar menjadi calon tunggal di Musorprov Kalsel 2021.

Utamanya sorotan ditujukan saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 pada 2-15 Oktober 2021 di Papua, Kalsel harus puas di peringkat ke-22 dengan mengoleksi 25 medali dengan 4 medali emas, 9 perak dan 12 perunggu.

“Ketua KONI Kalsel yang terpilih dalam Musorprov Kalsel ini harus bisa membawa prestasi olahraga Banua lebih baik lagi,” ucap Ketua DPRD Kalsel H Supian HK kepada jejakrekam.com, Senin (20/12/202).

Dengan prestasi yang menurun dibandingkan even PON sebelumnya, Supian mengaku belum puas. Apalagi, saat itu, sepatutnya 50 atlet andalan dikirim ke Papua, akibat terkendala dana yang difokuskan untuk penanganan Covid-19 terkorting hanya 25 atlet.

BACA : Rektor ULM Tak Lolos, Tersisa Calon Tunggal Ketum KONI Kalsel; Bambang Heri Purnama

“Ke depan, prestasi atlet harus ditingkatkan lagi. Tentu saja, kita harus bersinergi dengan pemerintah kabupaten dan kota serta pihak terkait dalam pembinaan dan pendanaan bagi olahraga Kalsel,” ucap Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel ini.

Mengenai anggaran olahraga, Supian memastikan DPRD Kalsel siap menyokong. Bahkan, formula dana sharing dengan melibatkan pemkab dan pemkot di Kalsel harus diberlakukan ke depan.

“Sebab, banyak cabang olahraga (cabor) juga berada di kabupaten dan kota di Kalsel. Jadi, kita harus sama-sama bisa meningkatkan prestasi olahraga Kalsel,” ucap Supian.

BACA JUGA : Terjegal Aturan Pencalonan Ketua KONI Banjar, Antung Aman Samakan dengan Bambang Heri Purnama

Sementara itu, Asisten I Administrasi Setdaprov Kalsel Adi Santosa mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor membuka resmi Musorprov Kalsel di hotel berbitnang itu.

“Ada harapan bagi masyarakat Kalsel dalam bidang olahraga yakni pembinaan dan prestasi atlet. Semoga Ketua Umum KONI Kalsel terpilih nanti bisa membawa prestasi atlet Kalsel di kancah nasional,” ucap Adi.

BACA JUGA : PON Papua 2021, Kalsel Siapkan Anggaran Rp 17 Miliar

Hal senada juga dilontarkan Ketua Bidang Organisasi KONI Pusat, Mayjen (Purn) Andri Tardiwang Utama mengakui prestasi Kalsel di PON Papua lalu, belum maksimal.

“Alangkah baiknya, KONI Kalsel bisa fokus pada cabor tertentu yang jadi unggulan. Seperti dayung, panahan, biliar dan gulat agar bisa lebih banyak meraih medali,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.