Golkar Kalsel Optimis Pertahankan Kursi di Rumah Banjar

0

PESTA Demokrasi 2024 di Kalsel telah selesai dilaksanakan. Saat ini, proses rekapitulasi suara masih berjalan.

SEKRETARIS DPD Partai Golkar Kalsel, Supian HK menyebut dari hasil pemilu legislatif (Pileg) 2024 pihaknya optimis menjadi pemenang di Kalsel.

“Insya Allah Golkar masih bisa mempertahankan 12 kursi di DPRD Kalsel (Rumah Banjar-red),” ucap Supian HK

Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, dari hasil penghitungan sementara yang dilakukan pada beberapa daerah pemilihan (dapil) perolehan suara Golkar melonjak tinggi.

BACA : Pertemuan Terbatas Golkar Dihadiri Ribuan Kader, Paman Birin Sebut Tanda Kemenangan Pemilu 2024

“Untuk dapil saya meliputi Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong perolehan suara melonjak signifikan,” ucap Ketua DPRD Kalsel ini.

Ia mencontohkan, untuk Pemilu 2019-2024 dirinya memperoleh 19 ribu lebih suara. Sedangkan di Pemilu 2024, dari hitungan sementara mendapatkan 30 ribu lebih suara.

Angka ini, sebut dia, belum lagi dihitung dengan perolehan caleg lainnya dari Partai Golkar yang jumlahnya juga sangat signifikan.

“Dalam tangan pada Dapil 5 yang meliputi Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong Golkar meraih 2 kursi. Bahkan, jumlah kursi ini bisa bertambah lagi,” tegas Supian HK.

Kenaikan perolehan kursi tak hanya pada dapil 5. Supian HK memprediksi pada dapil lain juga mengalami hal serupa. Ia menyebut pada dapil 7 yang meliputi Banjarbaru dan Tanah Laut diperkirakan meraih 2 kursi.

BACA JUGA : Pemilu Kian Dekat, Paman Birin Ajak Kader Golkar Menangkan Pesta Demokrasi 2024

Namun demikian, Supian HK tak menampik jika ada penurunan jumlah perolehan kursi. Ini terjadi pada dapil 3 di Barito Kuala. “Pemilu sebelumnya Golkar meraih 2 kursi. Diperkirakan 2024 ini hanya 1 kursi,” jelasnya.

Beralih ke dapil lain, seperti Tanah Bumbu dan Kotabaru (dapil 6), Supian HK optimis mampu mempertahankan 2 kursi seperti pemilu sebelumnya. Sedangkan untuk dapil 1 yang meliputi Banjarmasin masih sama seperti pemilu sebelumnya yakni 1 kursi.

“Untuk perolehan suara Golkar di dapil lainnya saya kira masih sama seperti pemilu sebelumnya. Pada intinya, Golkar masih bisa mempertahankan jumlah kursi. Sekarang ini hanya menunggu hasil resmi KPU,” ucap Supian HK.

Sementara itu, berdasarkan infopemilu.kpu.go.id, perolehan suara Partai Golkar di Kalsel masih unggul jauh dibandingkan dengan parpol lainnya. Dari data tersebut per 19 Februari 2024 Pukul 11.00 Wita, Partai Golkar meraih 131.744 suara. Data ini merupakan progres dari 6087 TPS dari 13.584 TPS atau 44,81 persen.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.