Gubernur Kalsel Paparkan Kesiapan Menjadi Tuan Rumah Porwanas 2024

0

MENYAMBUT menyambut event Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Tahun 2024 yang rencananya akan digelar pada Agustus mendatang, Pemprov Kalsel sampaikan kesiapan.

KESIAPAN tersebut diutarakan oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Kalsel, Adi Santoso bersama dengan PWI Kalsel, Sabtu (17/2/2024).

Paparan yang disampaikan dalam dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) yang berlangsung di Putri Duyung Resort, Ancol, disebutkan Pemprov Kalsel bersama PWI Kalsel siap menyambut tamu wartawan se-Indonesia yang datang ke Kalsel Babussalam.

BACA: Deklarasi Konsorsium Pers Banua Dan Dialog Nasional

Selain itu, gubernur dua periode ini juga menyatakan tamu yang datang harus terlayani dengan baik. “Sama seperti pelaksanaan Hari Pers Nasional Tahun 2020, di mana Kalsel sebagai tuan rumah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mempercayakan sepenuhnya kepada PWI Kalsel sebagai leading sektor kegiatan, dan kita siap menyambut tamu-tamu insan pers yang datang,” terang gubernur.

Di samping itu, Pemprov Kalsel berkomitmen mendukung penuh dan membantu apabila terdapat hal-hal teknis yang diperlukan oleh panitia. Bersama dengan insan pers di Kalsel, semangat yang sama juga akan ditunjukkan dalam memperkenalkan geopark pegunungan meratus kepada Indonesia dan dunia.

“Maka dari itu pada Porwanas 2024, kami memilih tema Meratus Geoark ‘The Soul of Borneo’, dari Kalsel menuju Dunia,” ujarnya.

BACA JUGA: Sumpitan Dipertandingkan, Jatim Siap Tuan Rumah Porwanas 2020

Sebagaimana yang disampaikan Adi Santoso, gubernur menyampaikan anggaran sedang disiapkan. Yakni berupa nota kesepakatan hibah daerah (NPHD), antara Pemprov Kalsel dengan PWI Kalsel. “Kesiapan anggaran tadi sudah disiapkan sebesat Rp 10 miliar, melalui mekanisme hibah kepada PWI melalui Pemprov Kalsel,” ujarnya.

“Yang terpenting dalam pelaksanaan Porwanas kali ini adalah upaya kita untuk menyosialisasikan kepada masyarakat Indonesia dan dunia, bahwa Geopark Meratus itu layak diusulkan menjadi Unesco Global Geopark,” lanjutnya.

Disamping itu, Paman Birin, sapaan akrab Gubernur H Sahbirin Noor juga mengatakan, bahwa, Kalsel tentunya akan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu atau peserta Porwanas yang akan berhadir nantinya.

“Sebagaimana event-event Nasional yang sudah dilaksanakan di Kalsel, seluruh Dinas dan Badan yang ada di Pemprov Kalsel akan ikut andil dalam membantu menyukseskan gelaran nasional itu,” bebernya.

BACA LAGI: Ketua dan Pengurus PWI Kalsel Dilantik, Paman Birin: Berikan Kritik Dan Kontrol Yang Sehat

Sementara itu, Ketua SIWO PWI Kalsel, Irwansyah mengatakan, bahwa dalam pagelaran Porwanas yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 mendatang, akan ada sebanyak 11 cabang lomba, 9 olahraga, 1 olahraga rekreasi, dan 1 karya jurnalistik yang diusulkan untuk dipertandingkan.

“Ada cabor Futsal, cabor catur, cabor billiar, cabor e-sport, cabor tenis meja, tenis lapangan, atletik, sepak bola, dan kartu (bridge),” terangnya.

“Juga ada olahraga tradisional, yakni balogo dan juga lomba karya jurnalistik meliputi karya tulis, fotografi, videografi dan reportase radio,” tambahnya.

Tak hanya itu, Irwansyah juga mengatakan bahwa dalam pagelaran Porwanas nanti, panitia pelaksana akan menanggung atau mengakomodir untuk sebanyak 88 orang peserta. “Untuk saat ini kami masih melakukan persiapan, jadi sementara kita akan mengakomodir untuk 88 orang,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.