ACT

Bikin Bingung, Nama Ketua PPK dan PPS Masuk Berkas Dukungan Khairul-Habib Ali

0 219

SATU bakal petarung pasangan calon independen sudah dipastikan gugur dalam tahap verifikasi administrasi yakni Anang ‘Bidik’ Misran-Ahmad Firdaus, sebelum melangkah ke tahapan verifikasi faktual untuk ditetapkan sebagai kontestan pemilihan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin 2020 mendatang.

KINI tersisa hanya satu pasangan dari jalur perseorangan. Yakni, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin Khairul Saleh berduet dengan Habib Muhammad Ali Alhabsyi bermodal 41.520 syarat dukungan.

Dalam tahap verifikasi administrasi, KPU Banjarmasin menyatakan ada 41.308 berkas yang memenuhi syarat (MS). Sisanya, 212 dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), tersebar di lima kecamatan.

Menariknya, dalam tahap verifikasi faktual ini, khususnya di Kecamatan Banjarmasin Utara, ada beberapa fakta unik terungkap. Khusus di kecamatan ini, ada 8.192 berkas dukungan yang harus diverifikasi faktual tersebar di 10 kelurahan.

BACA : Bakal Calon Wakil Walikota Tak Bisa Diganti, Ini Alasan KPU Banjarmasin Gugurkan Anang Bidik

“Ternyata, saat diverifikasi nama saya juga tercantum dalam dukungan bakal pasangan Khairul Saleh-Habib Ali Al-Habsyi, padahal saya tidak pernah menyerahkan fotokopi e-KTP, apalagi menandatangani surat pernyataan dukungan,” ucap Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banjarmasin Utara, Iberahim kepada jejakrekam.com, Selasa (30/6/2020).

Lucunya lagi, menurut Ahim-sapaan akrabnya, ada juga nama Panitia Pemungutan Suara (PPS) Alalak Selatan yakni Ika Karmila Harun dan PPS Alalak Utara, M Darmi, Muhammad Herry dan Irwansyah juga masuk dalam berkas dukungan Khairul Saleh-Habib Ali.

BACA JUGA : KPU Kalsel Temukan Berkas Mencurigakan di KPU Banjarmasin

“Data ini terungkap saat kami melakukan verifikasi faktual. Mungkin, karena yang bersangkutan seorang Kepala Disdukcapil Banjarmasin, jadi bisa dengan mudah memasukkan nama-nama orang yang belum tentu mendukungnya. Makanya, ini kami coret dari berkas yang ada,” kata Ahim.

Berbekal alat pelindung diri seperti masker, face shield dan hand sanitizer, satu per satu para pendukung Khairul Saleh-Habib Ali ini didatangi petugas PPS ke rumah masing-masing. Diakui Ahim, tak ada kendala berarti dalam proses verifikasi faktual dukungan bagi bakal calon perseorangan ini.

“Ya, kami bingung, kok bisa nama-nama seperti saya dan petugas lainnya masuk dalam berkas dukungan bakal calon?” cecar Ahim lagi.

BACA JUGA : KPU Banjarmasin Belum Umumkan Berita Acara Bakal Calon Independen

Untuk diketahui, berdasar rekapitulasi syarat dukungan Khairul Saleh-Habib Ali di Banjarmasin Utara, totalnya sebanyak 8.192 berkas. Terdiri dari 561 berkas di Kuin Utara, 636 pendukung di Antasan Kecil Timur (AKT), Pangeran (647), Sungai Miai (695), Sungai Jingah (728), Alalak Tengah (763), Alalak Selatan (827), Surgi Mufti (839), Sungai Andai tercatat sebanyak 1.156 berkas dan 1.240 berkas di Kelurahan Alalak Utara.

“Verifikasi faktual ini serentak kami lakukan pada Senin (29/6/2020). Dari hasil verifikasi faktual di lapangan ini akan kami evaluasi dan menjadi laporan bagi KPU Banjarmasin untuk menentukan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat,” pungkas Ahim.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.